Olahraga Italia Lumpuh, Seluruh Aktivitas Diminta Disetop hingga 3 April

Selasa, 10 Maret 2020 - 02:02 WIB
Olahraga Italia Lumpuh, Seluruh Aktivitas Diminta Disetop hingga 3 April
Olahraga Italia Lumpuh, Seluruh Aktivitas Diminta Disetop hingga 3 April
A A A
ROMA - Dampak virus corona menggerogoti dunia olahraga Italia. Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) meminta agar semua kegiatan olahraga di Italia disetop hingga 3 April, sesuai keputusan terbaru pemerintah setelah pertemuan darurat di Roma, Senin (9/3/2020) sore waktu lokal.

Presiden CONI Giovanni Malago dan Sekretaris Jenderal Carlo Mornati melakukan pertemuan di markas CONI di Roma untuk membahas apakah event olahraga harus dilanjutkan mengingat meningkatnya kasus virus corona yang telah mengganggu negara itu.

Siaran pers resmi menyatakan bahwa Malago menegaskan posisinya bahwa semua acara olahraga, profesional dan amatir, harus ditangguhkan hingga 3 April.

Kini Malago akan melaporkan ke Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora tentang posisinya sehubungan dengan krisis yang sedang berlangsung.

Keputusan baru harus dikeluarkan pemerintah Italia, untuk menggantikan keputusan yang saat ini menyatakan bahwa pertandingan Serie A masih dapat dimainkan, tetapi di balik pintu tertutup, yang membuat pemandangan aneh terjadi di Derby d'Italia hari Minggu antara Juventus dan Inter Milan yang digelar tanpa penonton di stadion Allianz, Turin.

Keputusan Senin ini akan semakin mengganggu musim di Serie A dan sisa pertandingan sepak bola domestik Italia. Sedangkan untuk Liga Champions dan Liga Europa, CONI mengakui dalam pengumuman bahwa mereka tidak memiliki yurisdiksi atas kompetisi internasional, termasuk Liga Champions dan Liga Europa. Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) sejauh ini belum berkomentar mengenai keputusan CONI.

Italia menjadi negara yang paling terdampak di luar Asia, dengan 7.375 kasus dikonfirmasi virus corona, yang telah menyebabkan 366 kematian di negara itu.

Akibat hal itu, tim nasional rugby Italia menunda pertandingan Irlandia dan Inggris di ajang Six Nations karena penyebaran virus corona.

Sebelumnya pada hari Senin, menteri olahraga Prancis mengumumkan bahwa semua pertandingan Ligue 1 akan dimainkan secara tertutup atau jumlah penonton dibatasi hingga 1.000 orang.

Pertandingan terakhir babak 16 besar Liga Champions Paris Saint-Germain melawan Borussia Dortmund akan berlangsung secara tertutup, sementara pertandingan Six Nations timnas rugby Prancis melawan Irlandia di Stade de France telah ditunda.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5788 seconds (0.1#10.140)