Inilah Cerita Herbert Scheele Ungkap Asal-usul Piala Thomas

Minggu, 13 September 2020 - 08:07 WIB
loading...
Inilah Cerita Herbert Scheele Ungkap Asal-usul Piala Thomas
Herbert Scheele Ungkap Asal-usul Piala Thomas, Inilah Ceritanya/BWF
A A A
KUALA LUMPUR - Herbert Scheele dikenal sebagai salah satu tokoh berpengaruh di bulu tangkis dunia. Dia adalah Sekretaris Kehormatan Federasi Bulu Tangkis Internasional (sekarang Federasi Bulu Tangkis Dunia/BWF) dari 1938-1976. Dalam majalah Bulu Tangkis Dunia edisi Mei 1979, ia mengungkapkan bagaimana Piala Thomas muncul. Inilah ceritanya.

Karena kontes Piala Thomas sekarang sudah tepat berusia 30 tahun, asal-usulnya mungkin agak kabur bagi mayoritas pengikut permainan, terutama karena konsep kompetisi tiga tahunan yang hebat terjadi hampir 40 tahun yang lalu. Baca Juga: Indonesia Mundur, China-Jepang Pole Position Juara Thomas & Uber Cup

Pada rapat komite tanggal 11 Maret 1939, yang diadakan selama Kejuaraan Seluruh Inggris di Royal Horticultural Hall, London, Presiden Federasi Bulu Tangkis Internasional, Sir George Thomas menyatakan di bawah "bisnis lain" bahwa dia berpikir waktu sudah tepat untuk melembagakan semacam kompetisi tim internasional, dan jika ini disepakati, dia akan dengan senang hati mempersembahkan trofi yang sesuai.

Kemudian, seperti sekarang, Kejuaraan All-England dianggap sebagai turnamen tahunan utama di seluruh dunia, dan ide Sir George tidak diragukan lagi didorong oleh seorang Denmark dan seorang Malaysia yang masing-masing kemudian mencapai babak semifinal turnamen yang hanya sampai setahun sebelumnya hampir dibatasi untuk pemain Inggris.

Baca Juga: KO Mike Tyson, Roy Jones: Aku Tak Bisa Stop Insting Membunuh!

Tahun itu pasangan Irlandia memenangkan ganda putra, dan tunggal putri jatuh ke tangan Kanada. Para pemain dari kedua negara tidak, seperti yang terjadi, mengulangi kesuksesan itu, tetapi Denmark telah merebut tunggal putra dan ganda putri seperti yang mereka lakukan untuk pertama kalinya dalam pertemuan sebelum perang terakhir.

Komite IBF menjunjung tinggi pandangan Sir George Thomas dan merekomendasikan pada Rapat Umum Tahunan tahun itu pada tanggal 5 Juli bahwa tawarannya diterima. Itu juga menunjuk sub-komite kecil untuk menyelidiki peraturan yang sesuai untuk diterapkan pada kompetisi, dan saya adalah salah satu dari tiga individu yang bertemu pada suatu malam untuk menyusun persyaratan yang diperlukan, yang kemudian disetujui oleh komite utama dan segera diedarkan ke kecil. jumlah hanya 15 organisasi nasional yang kemudian menjadi anggota Federasi karena pandangan mereka.

Lihat Info Grafis: Tim Indonesia Mundur dari Piala Thomas & Uber 2020

Pertemuan Tahunan menerima tawaran Sir George Thomas dan dia segera memerintahkan pembuatan piala indah yang secara resmi diberikan kepada pertemuan kecil yang merupakan pertemuan tahunan tahun 1940 selama Perang Dunia I. Tapi kemudian, karena perang dan akibatnya segera, piala emas-perak yang besar itu menghabiskan 80 tahun berikutnya di beberapa brankas bank.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1670 seconds (11.97#12.26)