Chamberlain Kenang Pesan Klopp ketika Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Rabu, 15 April 2020 - 10:13 WIB
loading...
Chamberlain Kenang Pesan Klopp ketika Liverpool Gagal Juara Liga Inggris
Alex Oxlade-Chamberlain masih ingat pesan yang diungkapkan Juergen Klopp sewaktu Liverpool gagal meraih gelar juara Liga Inggris 2018/2029. / Foto: The Liverpool Offside
A A A
LIVERPOOL - Alex Oxlade-Chamberlain masih ingat pesan yang diungkapkan Juergen Klopp sewaktu Liverpool gagal meraih gelar juara Liga Inggris 2018/2029. Ada dua hal yang masih terpatri dipikiran pemain sayap asal Inggris itu.

Liverpool gagal mengakhiri dahaga gelar yang sudah dirindukan penggemar selama 29 tahun setelah hanya terpaut satu poin dari Manchester City. Padahal jika menilik rekam jejak Si Merah, anak asuh Klopp tampil luar biasa.

Dari 38 pertandingan yang dimainkan Liverpool, The Reds hanya 30 menang, tujuh imbang, dan sekali kalah dengan meraup 97 poin. Tapi itu tidak cukup untuk mengakhiri kerinduan penggemar mengingat pada laga terakhir, City mampu menang dan keluar sebagai pemenang.

Setelah gagal, Klopp memberi tahu kepada para pemain bahwa mereka harus berbuat lebih banyak meski musim lalu mereka mampu menjadi pesaing terkuat City. Dan, musim ini, Chamberlain dkk berhasil membuktikannya.

Dari 29 pertandingan, Liverpool berhasil mengumpulkan 82 poin. Dengan rincian 27 menang, sekali seri, dan sekali kalah. Mereka bahkan unggul 25 angka dari juara bertahan City.

"Kamu bisa melihatnya dengan dua cara. Pertama, bagaimana kamu mendapatkan 97 poin dan menyelesaikan yang terbaik kedua. Kedua, secara mental untuk para pemain, saya pikir itu tantangan besar, karena kami hampir tidak bisa mendapatkan musim yang lebih sempurna," kata Chamberlain dikutip dari LiveScore, Rabu (15/4/2020).

"Secara mental, sebagai sekelompok pemain, saya pikir itu mungkin di mana kami berpikir, 'Baiklah, 97 poin tidak cukup baik' dan saya ingat pelatih mengatakan kami harus berbuat lebih banyak. Sesederhana itu. Dia bersikeras bahwa itu tidak cukup, Anda harus melakukan lebih banyak, dan saya pikir itu merupakan penghargaan bagi kami atas apa yang telah kami lakukan sejauh musim ini," tambahnya.

"Para pemain melakukan lebih banyak dan jelas ini adalah waktu yang aneh karena Anda berbicara tentang momentum dan itu sama untuk setiap tim pada saat ini, tetapi belum selesai. Kami sudah dekat tetapi belum selesai. Sampai saat ini kami sedang melakukan lebih banyak," imbuh Chamberlain.

Apa yang dikatakan Chamberlain memang benar bahwa status Liverpool sebagai juara Liga Inggris musim ini belum ada pengesahan. Sebab, sisa pertandingan terpaksa dihentikan akibat wabah virus corona.

Meski demikian, Chamberlain tetap memuji karakter dalam skuat Liverpool, yang bertujuan untuk memenangkan gelar liga pertama klub sejak 1990. "Tidak ada satu ego pun di tim itu. Para superstar kami adalah yang paling keras bekerja, paling rendah hati dan orang-orang yang paling bisa diterima dalam tim. Bersama dengan industri dan hubungan yang dimiliki semua orang, saya pikir itu membuat lebih mudah bagi kita semua untuk menarik arah yang benar. Saat ini kami sudah melakukan itu, tetapi setiap kali kami bisa memulai lagi, kami punya pekerjaan untuk diselesaikan sehingga kami belum bisa terbawa suasana," pungkas Chamberlain.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)