Belajar dari Laga Arab Saudi, Garuda Muda Siap Redam Qatar

loading...
Belajar dari Laga Arab Saudi, Garuda Muda Siap Redam Qatar
Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 melanjutkan uji coba internasional melawan Qatar di Kroasia/Foto/PSSI
A+ A-
CAKOVEC - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 melanjutkan uji coba internasional selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Garuda Muda akan menjajal ketangguhan Qatar U-19 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/7/2020).

Laga uji coba melawan Qatar digelar dua kali dan pertandingan berikutnya pada Minggu (20/9/2020) waktu lokal. Pasukan Shin Tae-yong sudah mendapat banyak pengalaman dari tiga uji coba sebelumnya di turnamen U-19 Friendly Tournament 2020. (Baca juga: Kiper Arsenal Emiliano Martinez Resmi ke Villa Park).

Di tiga laga itu Bagas Kaffa dkk dikalahkan Bulgaria U-19 dengan skor 0-3, dilumat Kroasia 1-7, dan bermain imbang 3-3- melawan Arab Saudi. Di laga terakhir, Garuda Muda sempat tertinggal 0-3 namun bangkit dan berhasil menyamakan skor 3-3.

Shin Tae-yong terkesan dengan semangat Garuda Muda melawan Arab Saudi. Pelatih asal Korea Selatan itu memuji pasukannnya tak tak mengenal menyerah hingga menit akhir.



"Babak pertama kebobolan tiga gol, tapi pemain pantang menyerah. Berjuang hingga menit akhir dan berhasil mencetak gol," kata Shin Tae-yong dalam saluran YouTube PSSI. "Jika pemain terus menunjukkan sikap seperti ini, saya yakin sepak bola Indonesia akan naik satu level." (Baca juga: Bukan Manchester United Tujuan Bale tapi Tottenham Hotspur).

Shin Tae-yong mengakui, pasukannya masih harus banyak berbenah. Di sektor pertahanan, menurut Tae-yong, pemain belakang terkadang masih ragu dan takut menghadapi pemain lawan atau saat bola datang.

Selain itu dalam menutup permainan, kurang sempurna karena pemain kehilangan fokus akibat stamina yang kurang mumpuni yang berujung banyak kebobolan. (Baca juga: Menilai Kinerja Debutan Anyar Werner dan Havertz).



"Kondisi tim terus meningkat dan menunjukkan perkembangan positif. Kami melawan Qatar dua kali. Mereka tim kuat dan bagus, dan ini akan menjadi pertandingan yang bermanfaat. Perkembangan pemain terus dipantau," ujar Shin Tae-yong dilansir laman resmi PSSI.

Sementara itu, penyerang Timnas U-19, Saddam Emiruddin menegaskan Garuda Muda siap menjalani laga uji coba melawan Qatar. Saddam menilai skuat Qatar mirip Arab Saudi.

"Qatar hampir mirip Arab Saudi gaya bermainnya. Kami bertekad memberikan penampilan terbaik," ujar pemain klub PSS Sleman tersebut.

Setelah dua kali meladeni Qatar, Garuda Muda akan menjajal ketangguhan Bosnia-Herzegovina dan Dinamo Zagreb selama TC di Kroasia yang dijadwalkan selesai akhir September.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top