Jelang GP Catalunya, Quartararo Desak Yamaha Benahi Top Speed

Kamis, 24 September 2020 - 14:35 WIB
loading...
Jelang GP Catalunya, Quartararo Desak Yamaha Benahi Top Speed
Fabio Quartararo. Foto/GP One
A A A
MONTMELO - Fabio Quartararo pesimistis bisa meraih hasil apik pada pergelaran Grand Prix (GP) Catalunya, akhir pekan ini. Pembalap tim Petronas Yamaha SRT itu sadar jika karakteristik motor YZR-M1 kurang begitu cocok dengan trek sirkuit sepanjang 4,627 kilometer tersebut.

Sejauh ini, Quartararo memang selalu mengeluhkan kelemahan besar pada motornya, yaitu top speed. Yamaha selalu kalah cepat ketika melaju di trek lurus dibandingkan para rival lainnya seperti KTM, Suzuki, ataupun Ducati. Permasalahan tersebut diprediksi akan kembali menjadi tantangan ketika tampil di Barcelona. (Baca: Inilah Pemandangan Ahli Riya Pada Hari Kiamat)

Pasalnya, Sirkuit Catalunya ini memiliki satu trek lurus dengan panjang mencapai 1 kilometer. Itu tentu akan menjadi kelemahan besar Yamaha untuk bisa mendulang kemenangan pada balapan nanti. Jika tim asal Malaysia itu tidak menemukan solusi atas permasalahan tersebut, jelas Quartararo akan kesulitan menunjukkan performa maksimalnya.

“Barcelona adalah trek yang saya sukai, tapi ada trek lurus panjang 1 kilometer. Jadi, kami mesti harus menemukan setelan motor yang tepat," kata Quartararo, dilansir situs resmi timnya.

Kendati pesimistis, Quartararo tidak akan menyerah begitu saja. Rider berusia 21 tahun ini akan tetap mengeluarkan kemampuan terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal. Apalagi, seusai merebut dua kemenangan pada awal MotoGP di musim ini, dia tampil kurang bagus dalam lima balapan terakhir dengan tanpa meraih podium.

Pada seri terakhir di GP Emilia Romagna akhir pekan lalu, Quartararo sebenarnya mampu bersaing untuk posisi tiga besar. Bahkan, dia akhirnya memang bisa finis ketiga. Sayang, rider asal Prancis itu dijatuhi long lap penalty karena sudah lima kali melintasi zona hijau di pinggir lintasan yang seharusnya dilarang dilalui. Itu membuatnya mendapatkan penalti 3 detik sekaligus kehilangan podium. (Baca juga: Proyek Sodetan Kali Ciliwung Terganjal Ganti Rugi)

Karena itu, Quartararo begitu bersemangat menyambut balapan di Montmelo dan membuktikan dirinya layak podium. Apalagi, dia memiliki pengalaman yang cukup bagus selama menjalani balapan di lintasan sepanjang 4,627 kilometer tersebut. Tahun lalu, rider yang dijuluki El Diablo itu sukses menempati podium kedua di bawah Marc Marquez.

"Saya menyukai lintasan Barcelona dan saya menantikan balapannya. Kecepatan puncak kami di sana tidak terlalu bagus pada tahun lalu, tapi kami bisa naik podium. Itu artinya, kami tangguh di sektor yang lain dari lintasan itu. Kecepatan kami bisa bagus. Kami tahu kami bisa kompetitif dan sudah pasti saya akan mengusahakan yang terbaik," ujar Quartararo.

Tidak hanya itu, Quartararo juga memiliki kesempatan untuk terus menjaga tempatnya dalam bursa persaingan gelar juara dunia MotoGP 2020. Saat ini dia masih berada di posisi kedua klasemen sementara pembalap dengan 83 poin. Pencapaian itu hanya berselisih satu angka dari rider Ducati Andrea Dovizioso yang berada di puncak.

Sementara rekan setimnya, Franco Morbidelli, justru mengaku optimistis menjalani balapan di Catalunya. Rasa kepercayaan dirinya itu didapat setelah mendapatkan hasil positif pada dua balapan di Misano, termasuk merebut podium pertama pada GP San Marino. Kondisi itu yang membuatnya sangat yakin bisa kembali mendapatkan hasil positif pada balapan nanti. (Lihat videonya: Gelar Habib dan Asal Muasalnya di Indonesia)

"Ada banyak hal positif dari dua balapan di Misano yang bisa kami bawa menuju balapan di Barcelona. Kami bisa mencoba untuk mempersiapkan diri dengan baik dan siap bersaing. Barcelona-Catalunya merupakan trek bersejarah dengan banyak kisah terjadi di sana. Layout-nya menyenangkan, mengalir, dan menantang," ungkapnya. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)