Dari Hiking hingga Memasak, Cara Pebulu Tangkis Jalani Karantina

Rabu, 06 Mei 2020 - 08:48 WIB
loading...
Dari Hiking hingga Memasak, Cara Pebulu Tangkis Jalani Karantina
Dari Hiking hingga Memasak, Cara Pebulu Tangkis Jalani Karantina/BWF
A A A
Pemain bulu tangkis, seperti rekan-rekan mereka dalam olahraga lain, tidak terbiasa menjalani kehidupan yang terbatas secara fisik. Seperti saat menjalani karantina karena pandemi COVID-19.

Bagi para pemain elite khususnya, yang terbiasa menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berlatih, bersaing atau bertanding, perkembangan selama sebulan terakhir telah menimbulkan tantangan yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya.

Dari kehidupan yang aktif secara fisik, mereka harus beradaptasi dengan kehidupan yang terkunci selama karantina. Namun, para pemain elite telah mencapai kesuksesan mereka terutama karena mereka berusaha untuk melakukan yang terbaik dari setiap situasi di lapangan.

Mengikuti prinsip ini, mereka, sebagian besar, berusaha untuk menjaga diri mereka tetap tajam terlepas dari tantangan jarak sosial. Beberapa juga menggunakan waktu ekstra yang tersedia untuk mengejar kepentingan di luar lapangan.

Pendekatan pelatihan bervariasi tergantung pada apakah mereka merupakan bagian dari tim nasional atau independen, dan juga pada tingkat penguncian di masing-masing negara. Pemain independen seperti Beiwen Zhang dan Michelle Li telah menyusun rutinitas latihan di rumah mereka sendiri.

’’Saya belum melakukan kontak dengan pelatih saya, tetapi saya telah melakukan latihan di rumah serta berlari di luar ruangan untuk menjaga tubuh saya tetap bugar,” kata pemain nomor 15 dunia Zhang, yang mengakui bahwa ’’sangat sulit” untuk tetap tinggal termotivasi.

Juara Macau Open, Michelle Li, telah mengubah krisis menjadi peluang dengan mendirikan gym di rumah. "Saya telah mengubah kamar saya menjadi gym,"kata orang Kanada nomor 10 dunia itu. "Saya menggunakan dumbbell yang bisa disesuaikan karena saya tidak bisa memasukkan apa pun yang lebih besar ke kamar saya. Itu masih luar biasa dan saya menyukainya karena ada begitu banyak jenis latihan seluruh tubuh yang bisa saya lakukan dengan dumbbell,’’kata Michele.

’’Saya juga mengadopsi kebiasaan baru untuk berjalan-jalan dan berjalan dengan keponakan saya dan lebih menikmati alam karena sangat mudah untuk menjebak diri sendiri di rumah. Saya masih terhubung dengan pelatih saya sesekali hanya untuk memeriksa dan memastikan saya tetap fokus,"lanjutnya.

Rekan senegaranya Li juga berlatih secara mandiri. Pemain ganda campuran Josephine Wu menggunakan waktu tambahan yang ia miliki untuk belajar bahasa Jepang melalui pelajaran online. Di sisi lain, pemain dari Thailand dan Malaysia harus mengikuti program yang dirancang oleh tim pelatih, dengan latihan harian dipantau langsung melalui video. ’’Saya berlatih dengan rekan tim dan pelatih saya menggunakan aplikasi Zoom,” kata nomor ganda dunia putra No.9 Soh Wooi Yik.

’’Saya juga memiliki beban di rumah saya agar tetap bugar. Saya memiliki latihan di rumah dengan program yang diberikan oleh pelatih saya dan saya menonton video pertandingan bulu tangkis untuk menganalisis permainan saya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)