Roger Federer Senang Rafael Nadal Bisa Samai Rekor

Senin, 12 Oktober 2020 - 21:05 WIB
loading...
Roger Federer Senang Rafael Nadal Bisa Samai Rekor
Rafael Nadal mendapatkan ucapan selamat dari Roger Federer yang rekornya baru saja disamai setelah menjadi kampiun di France Open 2020. Foto : Reuters
A A A
PARIS - Roger Federer tidak banyak memberikan apa-apa selain kata-kata pujian untuk Rafael Nadal atas keberhasilannya meraih gelar France Open 2020 . Federer pun mengaku senang akrhirnya Nadal menyamai rekornya di pentas grand slam.

Nadal kembali membuktikan sebagai Raja Tanah Liat. Itu dibuktikan ketika sukses mengandaskan perlawanan Novak Djokovic 6-0, 6-2, 7-5 di Philipp Chatrier, Minggu (11/10/2020). (Baca juga : Nadal Memang Rajanya Roland Garros, Rekor 13 Juara dan 100 Menang )

Tanda-tanda Nadal bakal menjuarai 13 kali grand slam di Paris sudah terlihat di set pertama. Nadal mengawali dengan cepat ketika menyapu tiga angka untuk unggul 3-0 dalam waktu 21 menit. Nadal memenangi game keempat setelah memanfaatkan servis advantage untuk menambah keunggulan 4-0. (Baca juga : Final Prancis Terbuka: Djokovic vs Nadal Kejar Sejarah Grand Slam )

Dominasi Nadal tak tertahankan setelah mematahkan servis Djokovic di game kelima. Nadal memaksimalkan dua kali advantage untuk mengubah kedudukan 5-0. (Baca juga : Saling Jegal, Ini Sejarah Pertemuan Djokovic vs Nadal di Final Grand Slam )

Nadal mengunci set pertama dengan love game ketika memaksimalkan servis. Setelah bertarung 45 menit, Nadal merebut set pertama 6-0.

Membuka set kedua, Nadal kembali mematahkan servis Djokovic untuk unggul 1-0. Djokovic yang bersusah payah menemukan ritme permainannya akhirnya merebut angka 1-2. Nadal makin tak terbendung merebut set kedua 6-2.

Djokovic untuk pertama kalinya memimpin ketika unggul 4-3 atas Nadal di set ketiga. Namun, keunggulan Djokovic langsung dibalas Nadal dengan menyamakan 4-4. Djokovic menahan laju Nadal dengan merebut game kesembilan 5-4.

Nadal menegaskan dominasinya dengan menyamakan 5-5 dengan memaksimalkan servis. Nadal menuntaskan game ke-11 dengan mematahkan servis Djokovic untuk unggul 6-5. Sejarah akhirnya tercipta setelah Nadal memungkasi perlawanan Djokovic untuk unggul 7-5.

Federer yang rekornya berhasil disamakan Nadal pun langsung memberikan selamat. "Saya selalu sangat menghormati teman saya Rafa sebagai pribadi dan sebagai juara," komentar Federer di Twitter seperti dikutip Marca, Senin (12/10/2020). (Baca juga : 13 Kali Kampiun French Open, Nadal Samai Rekor Federer 20 Kali Juara Grand Slam )

"Sebagai rival terbesar saya selama bertahun-tahun, saya yakin kami telah mendorong satu sama lain untuk menjadi pemain yang lebih baik. Oleh karena itu, merupakan kehormatan sejati bagi saya untuk memberi selamat kepadanya atas kemenangan grand slam ke-20."

"Sungguh menakjubkan bahwa dia sekarang telah memenangkan Roland Garros mencetak 13 kali yang luar biasa. Itu merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam olah raga. Saya juga mengucapkan selamat kepada timnya, karena tidak ada yang bisa melakukan ini sendirian. Saya berharap 20 hanyalah langkah untuk melanjutkan perjalanan kami berdua. Bagus sekali, Rafa. Anda pantas mendapatkannya."

Baik Federer dan Nadal sekarang tercatat sebagai pemegang rekor sebagai petenis terbanyak yang meraih gelar grand slam. Mereka kini meninggalkan Pete Sampras yang baru mampu meraih 14 gelar sepanjang karier dan Djokovic dengan 17 gelar.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)