Sulaiman: Vasily Lomachenko Juara Kelas Ringan WBC!

Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:08 WIB
loading...
Sulaiman: Vasily Lomachenko Juara Kelas Ringan WBC!
Sulaiman: Lomachenko Juara Kelas Ringan WBC!/Boxingnews24
A A A
LAS VEGAS - Juara tinju Kelas Ringan tak terbantahkan akan dinobatkan akhir pekan ini.Itu adalah sikap resmi yang diambil oleh Dewan Tinju Dunia (WBC), yang mengkonfirmasikan bahwa pemegang gelar Kelas Ringan Devin Haney tidak akan menjadi faktor dalam persamaan tersebut.

Sebaliknya, Vasiliy Lomachenko — sabuk WBA dan WBO bersama dengan penunjukan sebagai juara "Waralaba" WBC — tetap menjadi juara sejati yang diakui WBC. Penegasan itu menjadi angin segar bagi Lomachenko menjelang pertarungan yang sangat dinanti-nantikan dengan juara IBF Teofimo Lopez (15-0, 12KO) Sabtu akhir pekan ini langsung di ESPN dari The Bubble di MGM Grand di Las Vegas.



’’Sabtu ini adalah pertarungan terbesar tahun ini, terutama dalam kaitannya dengan keadaan dunia ini,” kata Mauricio Sulaiman, presiden WBC dalam konferensi pers via Zoom dengan sejumlah media, termasuk BoxingScene.com. “Kami bangga memiliki acara ini dengan semua kejuaraan dipertaruhkan.''

’’Konsep Franchise (juara) harus disajikan kepada para petarung yang memiliki atribusi khusus, seperti Canelo (Saul Alvarez) dan Lomachenko. Mereka telah bertarung di beberapa kelas berat. Penunjukan waralaba dengan Lomachenko memungkinkan dia untuk bertarung dengan Teofimo Lopez,"paparnya.

Kebingungan tentang penunjukan semacam itu — dan bukan gelar fisik — yang dipertaruhkan akhir pekan ini berasal dari konsep asli bahwa status semacam itu tidak dapat dialihkan. Canelo menjadi juara "Waralaba" WBC pertama setelah peluncuran resmi Juni lalu, dengan nama Lomachenko atas permintaan Oktober lalu.



Langkah terakhir membebaskan gelar Kelas Ringan WBC yang diklaim oleh juara tiga divisi dan juara Kelas 61,2 Kg itu dalam kemenangan 12 ronde atas petinju Inggris Luke Campbell Agustus lalu. Sebagai pengganti untuk menghormati pertahanan gelar wajib versus Haney – pemegang gelar sementara pada saat itu - Lomachenko dan Top Rank mengajukan petisi ke WBC untuk penghargaan juara Waralaba, yang merupakan cara Haney mengklaim gelar yang saat ini dimilikinya.

Meskipun gelar secara fisik dipindahkan, masih ada sistem kelas dalam hal pengenalan. "Lomachenko adalah juara kelas ringan WBC," kata Sulaiman. ’’Dia menang dan mengajukan petisi untuk penunjukan Franchise. Waralaba ditempatkan di atas juara mana pun dalam kategori ringan. Jadi, Lomachenko sebenarnya adalah juara dengan atribut khusus.''

''Dia tidak harus menghadapi persyaratan yang biasanya datang saat Anda memenangkan gelar kosong. Dia bernama Waralaba dan dia bisa terus maju dan bertarung dengan Teofimo Lopez. "



Proses serupa dilakukan Lopez selama konvensi tahunan WBC awal musim panas ini. Top Rank mengajukan permintaan agar Lopez memenuhi syarat untuk status Waralaba jika dia mengalahkan Lomachenko — yang pertama berkenaan dengan kebijakan ini, dan di mana WBC dengan bangga membuat preseden baru.

''Untuk pertarungan khusus ini, kami menerima permintaan dari Teofimo Lopez. Untuk laga ini, pemenangnya akan ditetapkan sebagai juara Franchise, ”tegasnya. Kami sebelumnya telah menetapkan bahwa ini biasanya tidak dipertaruhkan. ''Dalam hal ini, bukan petarung yang bergerak naik turun (seperti Canelo). Ini Kelas Ringan. Karena itu, pemenangnya akan diakui sebagai juara Franchise."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)