Joan Mir Tak Butuh Kemenangan untuk Jadi Juara MotoGP 2020

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 17:04 WIB
loading...
Joan Mir Tak Butuh Kemenangan untuk Jadi Juara MotoGP 2020
Joan Mir tak butuh kemenangan untuk menjadi juara MotoGP 2020. Foto : Motorsport
A A A
VALENCIA - Andrea Dovizioso meramalkan peluang Joan Mir untuk jadi juara MotoGP 2020 sangat terbuka. Bahkan pembalap Suzuki Ecstar itu tak perlu meraih kemenangan di seri terakhir musim ini untuk jadi kampiun kelas primer.

Apa yang terjadi pada Mir ini memang terbilang unik. Sepanjang musim ini Mir sama sekali belum pernah menjadi juara. Tapi, dari poin demi poin yang diperolehnya di setiap seri membuat Mir duduk di puncak klasemen . (Baca juga : Maverick Vinales Nyerah Kejar Raihan Poin Joan Mir )

Dovizioso sendiri menilai kemenangan tidak terlalu penting pada musim yang aneh seperti sekarang ini. Terpenting adalah poin dalam setiap balapan. (Baca juga : Naik Podium Keenam Kali, Joan Mir: Seperti Juara! )

"Saya tidak berpikir itu (kemenangan) sangat penting apalagi pada musim yang aneh, seperti ini. Ada berbagai alasan yang melatarbelakanginya,” kata Dovizioso dikutip Tutto Motori Web, Sabtu (31/10/2020).

"Pada akhirnya, yang terpenting adalah poin. Itu saja. Semua orang ingin menang, tetapi bukan itu intinya. Jadi, tidak penting, saya tidak berpikir dia harus menang (untuk menjuarai MotoGP 2020),” ucapnya. (Lihat juga : Hal-hal Menarik Petarung Cantik UFC, Valentina Shevchenko )

Poin tinggi yang diraih Mir ini lantaran ia enam kali berdiri di atas podium pada musim ini. Konsistensi Mir dalam setiap balapan membuatnya bisa mengoleksi 137 poin.

Namun, secara matematika, koleksi poin Mir masih bisa disalip Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang tertinggal 14 poin. Saingan juga datang dari Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), dan Dovizioso. Selain mereka, rekan setim Mir, Alex Rins, pun masih berpeluang merusak mimpinya.

Karenanya, mau tidak mau, Mir meraih hasil maksimal dalam tiga balapan terakhir musim ini. Balapan terdekat yang akan Mir jalani, adalah MotoGP Eropa 2020. Balapan seri ke-12 itu akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Mir finis ketujuh dalam balapan di Sirkuit Ricardo Tormo pada musim lalu. Mir seharusnya mampu meraih hasil lebih baik karena kemampuannya serta kualitas motor Suzuki, GSX-RR, telah jauh berkembang ketimbang musim lalu.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)