Maradona Sukses Jalani Operasi Otak, Fans Berdebar

Rabu, 04 November 2020 - 13:04 WIB
loading...
Maradona Sukses Jalani Operasi Otak, Fans Berdebar
Fans Diego Maradona berkumpul di depan Klinik Olivos, di pinggiran Buenos Aires/Foto/Reuters
A A A
BUENOS AIRES - Operasi pengangkatan gumpalan darah di otak (hematoma subdural) Diego Maradona berjalan sukses, Selasa (3/11/2020) malam waktu lokal. Kini, legendaris sepak bola Argentina itu menjalani pemulihan di Klinik Olivos di Provinsi Buenos Aires, Argentina.

Maradona, 60 tahun, dirawat di rumah sakit sehari sebelumnya. Menurut Reuters, operasi dilakukan untuk mengatasi gumpalan darah dalam otak, yang sering kali disebabkan oleh cedera kepala, dan dapat memberi tekanan pada otak. ( ).

"Kami berhasil mengangkat hematoma dan Diego menoleransi operasi dengan sangat baik," kata Leopoldo Luque, ahli bedah saraf dan dokter pribadi Maradona, kepada wartawan.

“Kin, langkah-langkahnya adalah observasi, dan semua terkendali. Itu akan tergantung pada bagaimana dia melakukannya. Ini tidak terlalu rumit, tapi ini operasi otak,” tambah Luque seraya mengatakan bahwa prosedur tersebut memakan waktu sekitar 80 menit. ( ).

Intervensi itu berpotensi berisiko karena kesehatan mantan pemain sepak bola itu, meskipun Luque sebelumnya mengatakan prosedurnya adalah "operasi rutin" dan bahwa Maradona telah "sadar" dan memahami serta menyetujui prosedur tersebut.

Maradona dirawat di klinik Ipensa di La Plata, Argentina, pada hari Senin karena anemia dan dehidrasi, sebelum dipindahkan ke Klinik Olivos di provinsi Buenos Aires. ( ).

Di luar Klinik Olivos, sekitar 50 penggemar berkumpul dan mengungkapkan kegembiraan mereka setalah mendapat lapiran operasi itu berjalan sukses. Serentak mereka meneriakkan: "Diego, Diego!"

Maradona, yang memenangkan Piala Dunia bersama Argentina pada 1986 dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Dia melatih klub lokal Gimnasia y Esgrima .

Terakhir kali Maradona tampil di depan umum pada ulang tahunnya yang ke-60 Jumat lalu sebelum pertandingan liga timnya melawan Patronato.

Puluhan penggemar Gimnasia y Esgrima telah berkumpul di rumah sakit sejak Senin malam, mengibarkan bendera dan memegang poster dengan pesan dukungan sambil menunggu kabar.

“Yang paling kami inginkan adalah Diego keluar dari semua situasi ini. Dia bisa, dia yang terhebat, terhebat di dunia,” kata Diego Bermudez, 41 tahun, seorang penggemar Maradona yang menunggu di luar rumah sakit.

Penggemar lainnya, Oscar Medina, berkata: “Diego sedang berjuang di dalam bersama petugas medis. Semoga Tuhan memberkati para petugas medis, untuk dapat mengatasi situasi ini. Orang-orangnya ada di jalan ini, berdebar-debar."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)