Cetak 11 Gol dari Titik Putih, Messi Sudah Cocok Jadi Mr Penalti?

Kamis, 05 November 2020 - 17:09 WIB
loading...
Cetak 11 Gol dari Titik Putih, Messi Sudah Cocok Jadi Mr Penalti?
Penyerang Barcelona Lionell Messi mengeksekusi penalti pada lanjutan Grup B Liga Champions kontra Dynamo Kiev di Camp Nou. AFP
A A A
BARCELONA - Lionel Messi sukses mencetak gol melalui tendangan penalti saat membantu Barcelona mengalahkan Dinamo Kiev 2-1 pada lanjutan Grup B Liga Champions di Camp Nou, dini hari tadi. Gol tersebut memperpanjang rekornya memaksimalkan sepakan dari titik putih menjadi 11 kali secara beruntun

Sejauh ini, penyerang berusia 33 tahun itu telah mengambil 101 sepakan penalti selama berkostum Barcelona. Dari jumlah tersebut, 79 menjadi gol, dan 22 gagal dieksekusi dengan baik. Persentase keberhasilannya mencapai 78,21%.

Baca juga : Elneny Moncer, Arsenal Siapkan Perpanjangan Kontrak

Terakhir kali Messi gagal mengeksekusi tendangan 12 pas saat melawan Real Valladolid, pada 16 Februari 2019. Musim ini, saja, Messi sudah mengoleksi lima gol (empat dengan Barca dan satu dengan Argentina ) dan semuanya dari titik penalti.

Selain ke gawang Kiev, 10 gol penalti lainnya dicatatkan saat menghadapi Rayo Vallecano, Lyon, Levante, Celta, Real Sociedad, Leganés, Atlético, Villarreal, Ferencváros, dan Juventus .

Sebelumnya, Messi pernah mencatatkan rentetan 10 gol penalti secara beruntun antara 2 Mei 2012 hingga 18 Agustus 2013 ketika menghadapi Málaga (2), Espanyol (2), Real Madrid, Getafe, Espanyol, Osasuna, Valencia dan Levante.

Baca juga : Diapit Ronaldo dan Dybala, Morata Unjuk Performa Terbaik di Juventus, Ini Rahasianya

Messi pertama kali menjadi eksekutor penalti saat Barça melawan Sevilla pada 22 September 2007. Sejak itu sampai sekarang atau lebih dari 13 tahun, dia masih bertugas mengeksekusi tendangan tersebut.

Penyerang asal Argentina itu bahkan bisa saja mengambil beberapa penalti lagi, tetapi kadang-kadang dia memberikannya kepada rekan satu timnya. Terutama ketika salah satu dari rekannya butuh mencetak gol lagi untuk mendapatkan kepercayaan diri.

Baca juga : Milan Masih Belum Terkalahkan, Pioli Anggap Ini Hanya Permulaan

Kemurahan hati ini selalu menjadi salah satu ciri khasnya di lapangan. Yang penting baginya adalah Blaugrana merebut kemenangan, terlepas dari siapa yang mencetak gol.

Kini, Messi sudah mencetak 638 gol dalam 740 pertandingan resmi, 118 di Liga Champions dalam 146 pertandingan. Di Camp Nou, dia telah memainkan 363 pertandingan dan mencetak 376 gol, dengan rata-rata 1,03 gol per pertandingan.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)