Lewat Turnamen, KONI Rintis Pembinaan Berjenjang Atlet Esports

Jum'at, 06 November 2020 - 19:53 WIB
loading...
Lewat Turnamen, KONI Rintis Pembinaan Berjenjang Atlet Esports
Ilustrasi turnamen esports profesional. int
A A A
JAKARTA - Turnamen esports berskala nasional siap kembali digelar. Piala KONI Esports 2020 yang digelar November ini tidak hanya menjadi ajang mencari pemain terbaik namun juga salah satu langkah memajukan esports Indonesia ke ajang dunia.

Sekretaris Jenderal KONI TB Ade Lukman mengatakan, turnamen ini bertujuan mempersiapkan dan juga memajukan esports Indonesia ke ajang dunia. Nantinya akan ada program berjenjang bagi para atlit esports di Indonesia.

“Akan ada kualifikasi dan kompetisi berjenjang yg dimulai di tahun depan. Tentunya persiapan ini akan dilakukan dengan sangat matang,” ujar Ade Lukman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/11/2020).

Baca juga : Jelang Semi Final, Calon Bintang Esports Star Indonesia Saling Adu Talenta

Edisi perdana Piala KONI Esports ini akan mempertandingkan salah satu game populer yaitu Free Fire. Alasannya, game ini merupakan salah satu permainan yang paling populer di dunia, bahkan di dunia mencapai 20 miliar views.

Peserta yang bertanding akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp200 juta. Total peserta yang ditarget berpartisipasi minimal 864 tim komunitas yang dibagi menjadi dua wilayah yakni 432 tim dari wilayah barat dan 432 tim dari wilayah timur.

Enam tim komunitas yang nantinya lolos dari babak penyisihan kemudian akan bertemu dengan enam tim profesional Free Fire di Indonesia. Keenam tim tersebut adalah Evos Esports, RRQ Hades, ONIC Olympus, First Raiders Bravo, Aura Esports, serta LYNXNIHBOSS.

Baca juga : Kalender MotoGP 2021 Dirilis, GP Mandalika Hanya Cadangan

Tim profesional ini dipilih berdasarkan tim pro teratas di papan klasemen FFIM (Free Fire Indonesia Masters) Fall 2020, dan akan diundang berdasarkan urutan klasemen dari atas.

“Salah satu tujuan dibentuknya klub/organisasi tim esports adalah untuk mencetak atlet esports dan profesional yang dapat menjadi mata pencaharian dan mengharumkan nama bangsa dalam kompetisi internasional,” ujar Kepala Bidang Atlet Prestasi dan IT PB Esports Indonesia Ricky Setiawan.

Baca juga : Kontrak Akan Habis, Alaba Terus Dijajakan kepada Real Madrid

Didukung oleh Garena, Piala KONI 2020 akan melangsungkan fase kualifikasi hingga grand final sepanjang November 2020 ini. Akan ada dua kualifikasi yaitu kualifikasi barat dan timur yang berlangsung bersamaan pada 17 hingga 22 November 2020, kemudian dilanjutkan dengan grand final atau main event pada tanggal 28 hingga 29 November 2020.

Tiga tim peringkat teratas dari masing-masing kualifikasi barat dan timur berhak melaju ke babak main event untuk kemudian bertanding dengan 6 tim Free Fire terbaik Indonesia yang mendapat direct invitation.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)