Kalender Internasional Tuai Kritikan, Pemain Merasa Jadi Mesin Uang

Jum'at, 13 November 2020 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Kroos dan pemain-pemain Eropa lainnya terbilang lebih beruntung karena membela tim nasionalnya di benuanya sendiri. Di sisi lain, pemain-pemain dari benua lain yang merumput di Eropa merasakan dampak padatnya dari kalender internasional karena harus menempuh perjalanan panjang hanya untuk memperkuat tim nasional.

Contohnya adalah Lionel Messi. Kapten Barcelona tersebut bersama bintang lainnya Angel di Maria (Paris Saint Germain) dan Lautaro Martinez (Inter Milan) terbang selama berjam-jam ke Buenos Aires demi membela Argentina yang dijadwalkan menghadapi Paraguay pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, pagi ini, dan Peru, Rabu (18/11). (Baca juga: Pandemi Bikin Para Pembeli Properti Turun Kasta)

Lalu ada juga pemain-pemain Amerika selatan lainnya, semisal Alisson Becker dan Roberto Firmino (Liverpool) hingga Gabriel Jesus (Manchester City) yang dijadwalkan tampil untuk Brasil saat menjamu Venezuela di Sao Paulo, Sabtu (14/11), dan Uruguay, Rabu (18/11).

Kendati lelah karena menempuh penerbangan jarak jauh, semangat tetap menyelimuti punggawa Selecao. Jesus misalnya. Belum fitnya Neymar Jr yang mengalami cedera paha membuat kansnya menjadi starter melawan Venezuela terbuka lebar.

Jesus menilai Neymar memang pilar penting, namun Brasil memiliki skuad berkualitas sehingga siapa pun yang diturunkan akan siap berjuang. Jesus berharap torehan dua golnya di dua pertandingan terakhir bersama Man City menjadi bahan pertimbangan Pelatih Tite agar menurunkannya sebagai andalan lini depan Selecao.

Komposisi skuad mumpuni menjadi modal penting Brasil melanjutkan tren bagus mereka yang selalu menang di tiga pertandingan terakhir dan mencetak 12 gol. Saat ini, Thiago Silva dkk bertengger di puncak klasemen sementara CONMEBOL (enam poin) dan hanya unggul selisih gol dari Argentina. (Lihat videonya: Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah)

"Jika menyangkut tim nasional, setiap orang harus berbagi tanggung jawab, tidak bisa begitu saja bertumpu pada satu orang. Semua orang ada di sini karena suatu alasan. Saya selalu ingin datang dan membantu, dan kali ini saya datang dengan 100% fokus membantu Brasil meraih hasil bagus di kualifikasi Piala Dunia 2022,” tegas Jesus. (Alimansyah)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)