Jadwal Piala Dunia Antarklub Dipindah Februari 2021

Rabu, 18 November 2020 - 01:51 WIB
loading...
Jadwal Piala Dunia Antarklub Dipindah Februari 2021
Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengonfirmasi jadwal pertandingan Piala Dunia Antarklub akan berlangsung pada Februari 2021 / Foto: Livescore
A A A
ZURICH - Federasi Sepak Bola Dunia ( FIFA ) mengonfirmasi jadwal pertandingan Piala Dunia Antarklub akan berlangsung pada Februari 2021. Pernyataan itu muncul setelah beredar kabar bahwa acara tahunan yang dipentaskan di Qatar bakal diadakan akhir tahun atau Desember.

Namun, FIFA mengatakan itu tidak layak untuk menggelar pertandingan sepak bola. Mengingat pandemi Covid-19 global saat ini dan dampaknya yang berkelanjutan terhadap sepak bola, Biro Dewan FIFA telah mengambil sejumlah keputusan terkait kompetisi FIFA, termasuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2020.

Piala Dunia Antarklub FIFA Qatar 2020, yang semula dijadwalkan pada Desember, tunduk pada efek mengganggu pandemi pada kejuaraan klub kontinental konfederasi yang berfungsi sebagai jalur untuk acara tersebut. Sebagai gantinya, FIFA pertandingan Piala Dunia Antarklub ini akan dipentaskan pada 1-11 Februari 2021. (Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Kolarov Lewatkan Laga Lawan Real Madrid )

"Pengenalan protokol kembali-untuk-bermain yang ketat telah memfasilitasi keberhasilan dimulainya kembali kejuaraan klub kontinental yang terakhir dijadwalkan untuk ditutup pada akhir Januari 2021. Alhasil, Piala Dunia Antarklub FIFA 2020 kini akan digelar mulai 1 hingga 11 Februari 2021, bertempat di Qatar sesuai dengan penunjukan tuan rumah awal oleh Dewan FIFA pada Juni 2019," demikian pernyataan resmi seperti dikutip dari laman FIFA, Rabu (18/11/2020).

Juara Eropa Bayern Muenchen dan Al-Duhail, pemenang Liga Bintang Qatar 2019/2020, adalah satu-satunya peserta yang dikonfirmasi sejauh ini. Turnamen 2021 akan menjadi yang terakhir sebelum kompetisi yang diperluas, yang akan menggantikan Piala Konfederasi pada kalender sepak bola, pertama kali diadakan di China. (Baca juga: Skandal Seks Pelari Juara Olimpiade dengan Anak di Bawah Umur )

Sejalan dengan Protokol Pertandingan Internasional FIFA, maka FIFA dan negara tuan rumah akan memberikan pengamanan yang diperlukan untuk kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat. Sejak keputusan sebelumnya pada awal tahun ini untuk menjadwal ulang kedua turnamen menjadi awal 2021, FIFA telah berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk asosiasi anggota tuan rumah, asosiasi anggota yang berpartisipasi, dan konfederasi untuk terus memantau situasi terkait pandemi, khususnya yang berkaitan dengan pandemi.

FIFA juga mengonfirmasi Piala Dunia Wanita U-20 dan U-17 2020 telah dibatalkan setelah para pemangku kepentingan menyuarakan keprihatinan tentang penyelenggaraan turnamen. Acara ditunda hingga awal tahun depan karena dampak pandemi.

FIFA mengatakan tuan rumah tahun 2020, yakni Kosta Rika untuk turnamen U-20 dan India untuk U-17, sekarang akan mendapat hak sebagai tuan rumah untuk pindah ke kompetisi 2022.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Qatar, Kosta Rika, Panama dan India, atas komitmen mereka dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses."

"FIFA, bersama dengan asosiasi anggota tuan rumah, konfederasi dan pemangku kepentingan utama, akan terus memantau situasi terkait pandemi secara global, serta potensi dampak pada persiapan dan penyelenggaraan turnamen FIFA di masa depan."
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)