Cetak Setengah Lusin Gol, Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Rabu, 18 November 2020 - 04:34 WIB
loading...
Cetak Setengah Lusin Gol, Spanyol Lolos ke Semifinal UEFA Nations League
Spanyol memastikan tiket semifinal UEFA Nations League 2020/2021 setelah mengalahkan Jerman pada laga hidup mati Grup A4 dengan skor meyakinkan 5-0 di Estadio de La Cartuja, Rabu (18/11) dini hari WIB / Foto: Squawka
A A A
Spanyol memastikan tiket semifinal UEFA Nations League 2020/2021 setelah mengalahkan Jerman pada laga hidup mati Grup A4 dengan skor meyakinkan 6-0 di Estadio de La Cartuja, Rabu (18/11) dini hari WIB. Dengan demikian, pasukan Luis Enrique berhasil mengakhiri dahaga kemenangan.

Pada laga hidup mati ini, Spanyol sebenarnya memikul beban cukup berat selama menjamu Jerman. Pasalnya, tuan rumah punya catatan minor di mana Tim Matador belum pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir.

Dengan rincian, dua kali imbang dan sekali kalah. Sementara Jerman tak kalah dalam 12 laga terakhir dengan torehan tujuh kali menang dan lima kali imbang. Di sepanjang 2020, Die Mannschaft belum kalah. Mereka menang tiga kali dan empat kali imbang. (Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Kolarov Lewatkan Laga Lawan Real Madrid )

Untuk lolos ke babak semifinal UEFA Nations League, Spanyol mesti menang. Enrique pun menurunkan skuat terbaiknya. Alvaro Morata mengisi posisi lini depan, sedangkan Sergio Aguero mengawal lini pertahanan.

Dengan menerapkan skema 4-2-3-1, Spanyol sukses menggunduli Jerman dengan skor 3-0 di babak pertama. Ketiga gol itu masing-masing dicetak Morata (17'), Ferran Torres (33'), dan Rodri (38'). Ini kali pertama sejak 1958 (3-6 vs Prancis), Jerman kebobolan tiga gol lebih di babak pertama dalam pertandingan kompetitif. (Baca juga: Jadwal Piala Dunia Antarklub Dipindah Februari 2021 )

Mengintip statistik di babak pertama, Spanyol cukup mendominasi permainan. Morata dkk mampu menciptakan peluang sebanyak 14 kali, dengan enam target, dan tiga di antaranya sukses menggetarkan gawang Manuel Neuer.

Keunggulan 3-0 di interval pertama ini menjaga asa Spanyol lolos ke semifina. Di babak kedua, rasa lapar pemain tim Matador tak berhenti. Torres kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan akurat Jose Gaya di menit 55.

Torres kembali merepotkan barisan pertahanan Jerman. Di menit 71, dia mencetak gol ketiganya. Dia tercatat sebagai pemain pertama yang mencetak hat-trick melawan Jerman dalam pertandingan kompetitif sejak Michael Owen pada 2001.

Mikel Oyarzabal menutup pesta kemenangan Spanyol setelah mencetak gol keenam tuan rumah di menit 89. Hingga pertandingan usai, skor 6-0 untuk kemenangan Spanyol tak berubah.

Berkat tambahan tiga poin ini, pasukan Enrique berhak tampil di semifinal UEFA Nations League dengan status juara Grup A4 dengan raihan 11 poin atau unggul dua angka dari Jerman.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)