Mantan Dokter MotoGP Sarankan Marquez Jalani Operasi Ketiga

Jum'at, 20 November 2020 - 11:02 WIB
loading...
Mantan Dokter MotoGP Sarankan Marquez Jalani Operasi Ketiga
Mantan dokter MotoGP, Claudio Costa, mengungkapkan fakta mengejutkan tentang cedera yang menimpa Marquez. Dikatakannya, The Baby Alien mungkin telah melukai pseudoarthrosis / Foto: Instagram Marc Marquez
A A A
CERVERA - Marc Marquez telah menjalani periode buruk selama enam bulan dan satu hari setelah ia mematahkan humerus kanannya saat mengalami kecelakaan di tikungan ketiga di Jerez, dengan kecepatan 149 per jam. Setelah di operasi, pembalap tim Repsol Honda itu kembali mengaspal, tapi dia kembali mengalami kecelakaan.

Marquez pun kembali naik meja operasi setelah kehilangan kekuatan pada lengan kanannya saat membuka jendela rumahnya. Operasi kedua yang memaksa Marquez untuk memulai rehabilitasi yang lebih lama dari yang sebelumnya, meskipun tidak ada yang menyangka bahwa pembalap Spanyol itu tidak dapat muncul kembali sepanjang musim.

Mantan dokter MotoGP, Claudio Costa, mengungkapkan fakta mengejutkan tentang cedera yang menimpa Marquez. Dikatakannya, The Baby Alien mungkin telah melukai pseudoarthrosis (kegagalan tulang belakang untuk menyatu), penyakit yang terjadi ketika tulang tidak sembuh dengan baik setelah patah tulang. Hal ini tidak dapat dihilangkan tanpa menjalani operasi. (Baca juga: Marini Siap Melawan Valentino Rossi di MotoGP 2021 )

"Pasien dengan pseudoarthrosis mengeluhkan rasa sakit yang terus-menerus setelah kejadian. Nyeri ini mungkin konstan atau hanya dapat dirasakan saat mengangkat beban atau bergerak. Marc mengalami patah tulang humerus di daerah di atas saraf, jadi dari sudut pandang ini seharusnya tidak ada masalah," ujar Costa dikutip dari GPOne, Jumat (22/11/2020).

"Humerus yang dioperasikan dengan sekrup dan pelat membutuhkan waktu tiga bulan untuk sembuh, tetapi terkadang konsolidasi membutuhkan waktu lebih lama dan dalam kasus terburuk ini dapat menyebabkan non-serikat pekerja. Jika ini adalah penundaan tunggal, kita dapat menunggu bahkan tiga bulan lagi. Tetapi kita berbicara tentang seorang pengendara yang harus berada di jalur yang benar pada akhir Februari. Jika Marc tidak memiliki tim medis yang bagus, maka pemulihannya akan sangat lama. Jika dia harus menjalani operasi lagi sekarang, dia hampir tidak akan siap untuk tes pramusim. Anda harus sangat berhati-hati dengan waktu pemulihan."

Costa, yang pernah menyelamatkan kaki kanan Mick Doohan pada 1992, mengaku operasi ketiga dibutuhkan untuk menyembuhkan pseudoarthrosis. (Baca juga: Perpisahan Rossi dengan Yamaha di MotoGP Portimao Bakal Hadirkan Rapor Merah )

"Dua potong tulang diambil, biasanya dari puncak iliaka panggul, dan semacam sandwich dibuat dengan menempatkannya di atas dan di bawah Fractured humerus. Dengan cara ini, humerus tetap berada di tengah dan terkompresi penuh. Terakhir, potongan tulang yang lebih kecil, juga diekstraksi dari puncak iliaka panggul, ditempatkan dalam bentuk bubuk di atas area yang retak. Gunakan fiksatif eksternal, seperti yang diterapkan pada kaki Doohan, tapi… ".
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)