Perpisahan Rossi dengan Yamaha di MotoGP Portimao Bakal Hadirkan Rapor Merah

Kamis, 19 November 2020 - 17:00 WIB
loading...
Perpisahan Rossi dengan Yamaha di MotoGP Portimao Bakal Hadirkan Rapor Merah
Valentino Rossi bakal mengucapkan selamat tinggal pada tim Monster Energy Yamaha setelah menyelesaikan balapan seri pemungkas di MotoGP Portimao, Minggu (22/11/2020) / Foto: Monster Energy Yamaha
A A A
PORTIMAO - Tim Monster Energy Yamaha telah melakukan perjalanan ke Portimao, Portugal, untuk menjalani balapan pemungkas MotoGP 2020, yang diadakan di Autodromo Internacional do Algarve, akhir pekan ini. Ini bakal menjadi balapan yang sangat emosional buat Valentino Rossi .

Rossi seperti diketahui pada tahun depan tak akan berada di tim Monster Energy Yamaha setelah sepakat untuk bergabung dengan Petronas SRT. Nantinya, posisi The Doctor akan digantikan Fabio Quartararo.

Tak pelak, perasaan emosional pun tengah menyelimuti Rossi. Juara dunia sembilan kali di empat kelas berbeda itu pun mengklaim bakal tampil jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Rossi menilai Autodromo Internacional do Algarve merupakan lintasan yang sangat indah. Meskipun secara teknis menantang, sangat menyenangkan untuk membalap akhir pekan ini. (Baca juga: Joan Mir Lebih Cerdas ketimbang Pembalap Lain di MotoGP 2020 )

Lintasan tersebut memiliki daya cengkram yang lebih dibandingkan dengan sirkuit di Valencia, yang diharapkan pembalap Italia tersebut akan menjadi keuntungan bagi tim. "Pergi ke Portimao benar-benar hebat, trek itu luar biasa. Cengkeraman di sana lebih baik daripada di Valencia, jadi itu akan membantu kami," ujar Rossi dikutip dari laman resmi tim, Kamis (19/11/2020).

"Saya merasa sangat baik selama tes di trek Algarve awal tahun ini. Ini berbeda dari semua trek lain yang kami kunjungi sepanjang musim, dan ini baru untuk semua orang, jadi itu membuatnya sangat menarik. Kita lihat," tambah Rossi.

Saat ini Rossi masih berada di urutan ke-15 pada klasemen pembalap sementara MotoGP dengan raihan 62 poin. Jika dilihat, ini menjadi musim terburuk yang pernah dirasakan pemilik nomor 46 sepanjang menjalani kariernya sebagai pembalap profesional. (Baca juga: Rossi Kecele, Ban Michelin 2020 Dikira Bakal Untungkan Yamaha )

Sejak menekuni kariernya di dunia balap pada 1996 di kelas 125cc, Rossi tak pernah mengumpulkan poin di bawah 100 poin. Saat itu, di tahun yang sama, dia berhasil memperoleh 111 angka dari 15 seri yang dijalaninya.

Berbicara mengenai poin, ini juga menjadi rekor terburuk dalam sejarah karier Rossi bersama Yamaha. Sebab, dia belum pernah mengumpulkan poin di bawah 100 di kelas utama MotoGP.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0119 seconds (0.1#10.140)