Tiga Kandidat Calon Penerus Johan Cruyff

Selasa, 12 Mei 2020 - 09:02 WIB
loading...
Tiga Kandidat Calon Penerus Johan Cruyff
Johan Cruyff telah wafat pada 24 Maret 2016 lalu. Tapi warisannya di dunia sepak bola akan tetap membekas / Foto: Forbes
A A A
JAKARTA - Johan Cruyff telah wafat pada 24 Maret 2016 lalu. Tapi warisannya di dunia sepak bola akan tetap membekas.

Semasa hidup, Johan Cruyff banyak menghadirkan prestasi terutama ketika membela Ajax Amsterdam dan Barcelona. Status legenda tersemat pada dirinya. Pasalnya, dia berhasil menyabet sejumlah penghargaan individual sewaktu masih sebagai pemain.

Sebagai pemain Johan Cruyff mampu mengubah sepak bola menjadi seni. Dia datang dan merevolusi segalanya. Dia bahkan mampu mengekspresikan identitas klub yang dibelanya terutama dalam hal cara bermain sepak bola.

Tak pelak, banyak hal yang telah diberikan mendiang Johan Cruyff pada sepak bola. Lantas, di era milenial saat ini adakah pemain yang mampu menirukan keberhasilan sang legenda?

Ada tiga gelandang berbakat yang dinilai mampu menirukan gaya bermain Johan Cruyff. Mereka adalah Frenkie de Jong, Donny Van de Beek, dan Mason Mount.

De Jong pernah mengatakan bahwa dirinya tidak layak untuk disejajarkan dengan Johan Cruyff dan tidak akan pernah ada. Beberapa statistik yang membandingkannya dianggap sebagai sesuatu yang bohong.

Meski demikian, De Jong tetap dianggap sebagai salah satu pemain Belanda yang memiliki talenta luar biasa. Sama seperti Cruyff, de Jong dapat memilih rekan satu tim dengan akurasi passing dengan mencatatkan 91,4% di semua kompetisi selama musim terakhirnya di Ajax. Selain itu, dia juga memiliki visi yang mirip dengan idolanya.

Bagaimana dengan Donny Van de Beek. Pemain satu ini memiliki pengaruh yang besar buat Ajax Amsterdam. Dia tidak hanya dianggap sebagai jenderal lapangan tengah saja, tapi juga mampu memainkan kontrol permainan dan punya umpan mematikan.

Mungkin untuk saat ini sulit menyejajarkan namanya dengan Johan Cruyfff, tapi Van dd Jong punya karakter sebagai seorang pemimpin di tim. Pemain ketiga yang dinilai memiliki kinerja yang mirip dengan legenda sepak bola Belanda adalah Mason Mount.

Mount pernah menghabiskan satu musim dengan status pinjaman di klub Belanda Vitesse Arnhem. Mantan pelatihnya, Henk Fraser, mengatakan kemampuannya sangat mirip dengan Cruyff dan de Jong. Dia menjuluki Mount sebagai pemain muda terbaik yang pernah bekerja bersamanya.

Sejak kembali ke Stamford Bridge, Mount telah menjadi pemain yang berharga bagi tim nasional Inggris. Sekarang dia mendapatkan tempat di skuat utama Chelsea.

Di bawah asuhan Frank Lampard, Mount dikenal memiliki umpan yang kreatif dan tajam, serta karya yang cerdas, Mount bisa menjadi gelandang terbaik di Liga Primer Inggris.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)