Race Pemungkas, Begini Tekad Dovi Beri Kado Perpisahan untuk Ducati

loading...
Race Pemungkas, Begini Tekad Dovi Beri Kado Perpisahan untuk Ducati
Andrea Dovizioso berpeluang merebut posisi kedua MotoGP 2020/Foto/Motorcycles.News
PORTIMAO - Pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso berpeluang merebut posisi kedua MotoGP 2020. Dovi bertekad tampil habis-habisan dalam gelaran MotoGP Portugal 2020 di Sirkuit Algarve International, Minggu (22/11/2020).

Dovi bertengger di peringkat 7 pada latihan bebas kedua (FP2), Jumat (20/11/2020), tertinggal 0,324 detik saja dari Johann Zarco (Reale Avintia) yang menjadi pembalap tercepat. (Baca juga: Zarco Tercepat, Lewati Vinales di Latihan Bebas MotoGP Portugal)

Membalap untuk yang terakhir kali bersama Ducati, Dovi ingin melanjutkan prestasi terbaiknya meski belum pernah juara selama delapan musim membawa bendera Ducati.

Pembalap Italia itu sudah tak bisa menggeser rider Suzuki, Joan Mir, dari posisi puncak klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Meski begitu, Dovizioso masih memiliki peluang untuk menjadi runner-up. (Baca juga:MotoGP Portimao Bakal Banjir Air Mata)



Selama delapan musim di Ducati, Dovi selalu gagal membawa Ducati meraih gelar juara. Namun, dalam tiga musim terakhir, Dovizioso selalu tampil sebagai runner-up kejuaraan. Pembalap berjuluk Desmo Dovi itu hanya selalu kalah dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di tiga musim ke belakang tersebut.

Ketika Marquez absen panjang di MotoGP 2020, Dovizioso pada awalnya cukup optimis untuk bisa menyabet titel juara dunia. Namun, performa Desmo Dovi justru tidak konsisten dan membuatnya kalah saing dari Joan Mir. (Baca juga: FIM Batalkan Malam Penghargaan MotoGP di Portimao)

Saat ini, Dovizioso menempati posisi keenam klasemen sementara dengan raihan 125 poin. Secara matematika, Dovizioso masih bisa menyelesaikan musim sebagai runner-up karena pembalap yang ada di posisi kedua saat ini, Franco Morbidelli, memiliki perolehan 142 poin. Tetnunya, Dovi ingin memberi yang terbaik untuk timnya sebagai kado perpisahan.



Meski begitu, Dovizioso paham, itu tak akan mudah. Ditambah lagi, Morbidelli juga sedang dalam performa bagus lantaran sebanyak dua kali meraih kemenangan dalam tiga seri terakhir.

“Saya akan berjuang untuk tempat kedua di Kejuaraan Dunia. Ini akan sangat sulit karena Franco Morbidelli kuat, tetapi trek ini (Portimao) baru bagi semua pembalap. Tidak ada yang tahu detil informasinya, jadi semua memiliki peluang,” tutur Dovizioso, dinukil dari Speedweek, Jumat (20/11/2020).

“Apa yang kami capai dalam beberapa tahun terakhir adalah sesuatu yang istimewa. Kami bertarung melawan Marc dan Honda, sangat sulit bagi kami untuk mengalahkan mereka, tetapi saya bisa menunjukkan apa yang saya bisa. Saya sangat senang tentang itu," tandasnya.

Masih belum diketahui apa yang akan dilakukan Dovizioso di musim 2021. Namun, diyakini bahwa pria 34 tahun tersebut akan vakum dari dunia balap untuk sementara waktu.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top