Shin Tae-yong Genjot Fisik Pemain Timnas U-19

Senin, 23 November 2020 - 18:04 WIB
loading...
Shin Tae-yong Genjot Fisik Pemain Timnas U-19
Pemain Timnas U19 terus digenjot fisiknya di pemusatan latihan. Foto : PSSI
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong akan menggenjot fisik para pemain dalam pemusatan latihan yang digelar di Jakarta mulai 16 hingga 23 November 2020. Hal ini dianggap penting setelah para pemain melakoni pemusatan latihan di Eropa.

"Sesuai materi latihan dari coach Shin Tae-yong fokus selama pekan ini adalah mempertahankan serta meningkatkan level endurance (ketahanan fisik) pemain. Selain itu, melihat mental pemain dalam melaksanakan latihan yang diberikan. Jadi pemain harus selalu siap dan kerja keras," kata asisten pelatih Nova Arianto mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (23/11/2020). (Baca juga : Latihan Perdana, Timnas Indonesia U-19 Genjot Ketahanan Fisik )

Sejak dulu, masalah yang ada di tubuh tim nasional Indonesia adalah mental dan ketahanan fisik. Meski secara teknik cukup mumpuni, sayangnya mental dan ketahanan fisik yang pada akhirnya menjadi malapetaka bagi Timnas Indonesia segala kelompok usia. (Baca juga : Penuhi Ekspektasi Shin Tae-yong Jadi Ambisi Pemain Muda Persija )

Ketika pertama kali membawa Timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan di luar negeri, tepatnya ke Thailand medio Januari 2020, Shin Tae-yong mengatakan fisik personel skuad Garuda Nusantara hanya sanggup diajak bermain 20 menit. (Baca juga : Perkuat Timnas U-19, Shin Tae-yong Masih Berburu Pemain Keturunan )

“Secara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat kelelahan. Karena itu di Chiang Mai (Thailand) kami berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik," kata Shin Tae Yong mengutip dari laman resmi PSSI, medio Januari 2020.

Mental dan fisik alhasil terus ditempa Shin Tae-yong. Menurut sejumlah pemain seperti Bagas Kaffa dan Brylian Aldama, jika tidak ada pertandingan, skuad Timnas Indonesia U-19 bisa berlatih tiga kali sehari saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Perlahan-lahan, dua hal yang ditekankan Shin Tae-yong membuahkan hasil positif. Terbukti ketika bersua Arab Saudi di Kroasia, mental Braif fatari dan kawan-kawan tidak jatuh meski sempat tertinggal 0-3 lebih dulu.

Terbukti lewat perjuangan ekstra, Timnas Indonesia U-19 sanggup menahan Arab Saudi 3-3. Ketahanan fisik juga ditunjukkan skuad Timnas Indonesa U-19 saat menjalani TC di Kroasia.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 mencetak gol kemenangan 2-1 atas Qatar via Mochamad Supriadi di menit 84. Pertanda Timnas Indonesia U-19 siap berjaya di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021?

Di Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan lolos ke semifinal. Sementara di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 12 Juni, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan minimal lolos ke perempatfinal.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2573 seconds (0.1#10.140)