Jejak Gol Maradona ke Gawang Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Kamis, 26 November 2020 - 15:35 WIB
loading...
Jejak Gol Maradona ke Gawang Timnas  Indonesia di Piala Dunia U-20
Legenda timnas Argentina Diego Maradona saat menghadapi Indonesia pada Piala Dunia U-20 1979 di Jepang. dok Instagram @mundarikarya_
A A A
JAKARTA - Harum nama Diego Armando Maradona dari lapangan sepak bola menyeruak di seantero dunia. Tidak banyak tim nasional yang pernah beruntung menghadapi gocekan pemain berjuluk Tangan Tuhan itu. Salah satunya adalah Indonesia.

Timnas Indonesia yang kala itu ditangani Sutjipto Suntoro menghadapi timnas Argentina pada ajang Piala Dunia U-20 1979 di Jepang . Sejatinya, tim Garuda tidak lolos ke pesta sepak bola usia muda itu lantaran gugur di perempat final Piala Asia U-19 .

Baca juga : Cerita Maradona Cium Tangan dan Sebut Valentino Rossi Malaikat

Namun, nasib baik menghampiri Indonesia saat Irak yang seharusnya mendampingi Korea Selatan sebagai wakil Asia memutuskan mundur. Korea Utara yang ditunjuk sebagai pengganti juga menolak berpartisipasi.

Akhirnya, Indonesia menjadi pengganti melengkapi wakil Asia bersama tuan rumah Jepang. Tim Merah Putih tergabung di Grup B yang dihuni tim kuat Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

Baca juga : Conte Sebut Maradona Puisi Sepak Bola, Zidane: Kami Semua Sangat Sedih

Pada turnamen kelompok usia itu, timnas Indonesia memang hanya tampil sebagai ‘pelengkap’. Tiga laga berakhir dengan kekalahan dan mengakhiri fase grup sebagai juru kunci. Total 16 gol bersarang di gawang tim Merah Putih.

Namun, ada catatan menarik ketika timnas Argentina menghadapi Indonesia. Tim Tango saat itu menjadi perhatian lantaran diperkuat salah satu bakat sepak bola terbaik dunia, Maradona.

Meski hanya melawan Indonesia yang notabene bukan unggulan, Argentina U-20 tetap menurunkan Maradona. Hasilnya, mantan pemain Napoli dan Boca Juniors itu mencetak dua gol ke gawang timnas yang dikawal Endang Tirtana.

Baca juga : Hitam dan Putih Diego Maradona, Namamu Melegenda Sepanjang Masa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)