Kategori Beregu Liga PB Djarum 2020 Jadi Tantangan Baru Atlet

Selasa, 08 Desember 2020 - 22:37 WIB
loading...
Kategori Beregu Liga PB Djarum 2020 Jadi Tantangan Baru Atlet
Pebulutangkis muda PB Djarum Mutiara Ayu Puspitasari saat tampil pada Liga PB Djarum 2020 di GOR Djarum Kudus.
A A A
KUDUS - Liga PB Djarum 2020 kategori beregu menyuguhkan 55 pertandingan pada hari kedua di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (8/12). Format ini menjadi tantangan baru untuk seluruh atlet-atlet muda PB Djarum yang berpartisipasi di ajang tersebut.

Pelatih PB Djarum Sigit Budiarto mengatakan, setiap partai yang disajikan di Liga PB Djarum 2020 selalu seru dan menarik. Terlebih karena kejuaraan ini tanpa penonton, dan dukungan rekan-rekan setim di pinggir lapangan turut membantu perjuangan sebuah tim.

Baca juga : Demi Olimpiade 2032, KOI Terbang ke Swiss Awal Tahun Depan

“Beban seorang atlet kategori perorangan itu terbilang minim dari pada saat bermain di kategori beregu, karena dia hanya bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Tapi kalau bermain beregu, mereka punya beban kebersamaan bagi timnya,” kata Sigit, Selasa (8/12/2020).

“Dengan pertandingan beregu seperti ini, mereka akan terasah baik dari segi mental maupun kebersamaan untuk membangun sebuah tim yang solid. Ini adalah hal positif. Kelak, di Thomas Cup atau Uber Cup yang sarat dengan pertandingan-pertandingan beregu, mereka sudah sedini mungkin dilatih, bertarung, hingga akhirnya terbiasa beregu,” lanjut peraih Piala Thomas 1998, 2000, dan 2002 ini.

Baca juga : Duel Messi vs Ronaldo: CR7 Ingin Menghapus Kutukan Melawan La Pulga

Pada kategori beregu, Liga PB Djarum 2020 menggunakan format seperti Thomas dan Uber Cup, dengan susunan pemain tiga tunggal dan dua ganda. Setiap tim akan diperkuat atlet U15 hingga atlet dewasa. Peraturan lima partai harus dilalui oleh masing-masing tim, guna menambah pengalaman bertanding para atlet, setelah sekian lama tidak bertanding di kejuaraan nasional maupun internasional.

Kewajiban bagi setiap tim untuk bertanding lima partai, dimanfaatkan secara maksimal oleh juara Tunggal Putri U17 Liga PB Djarum pada Juli lalu, Mutiara Ayu Puspitasari. “Excited banget, karena setahun ini kan minim sekali pertandingan. Semua lawan berat, karena yang saya lawan adalah senior-senior. Jadi saya maksimalin setiap pertandingan,” ucapnya.

Baca juga : Lima Wanita Cantik yang Pernah Singgah di Hati Cristiano Ronaldo

Sementara, Emanuel Joseph Surya, asal Pekalongan yang kali ini turun di nomor ganda putra berpasangan dengan Muhammad Voyage Afrizal Mahendra, menjadikan pertandingan kategori beregu ini untuk melatih mental. Hal ini yang sangat dirasakan oleh keduanya, meski berhasil meraih gelar juara Ganda Putra U15 + U17 pada Liga PB Djarum Juli lalu. “Buat saya, menahan ego itu cukup sulit. Padahal, chemistry dengan partner sudah baik,” tuturnya.

Di lain sisi, tak sedikit atlet-atlet muda yang merasakan kerasnya persaingan di Liga PB Djarum 2020. Caesario Celo Yulianto, satu di antara tiga atlet kelahiran 2007 yang memetik banyak pelajaran penting dari setiap pertandingan. “Kalau bermain di perorangan, kalah atau menang itu saya yang menentukan. Tapi di beregu ini kok lebih tegang ya?,” tuturnya.

Baca juga : Khabib Nurmagomedov Atlet Rusia Tersukses di 2020

Berbeda dengan kejuaraan sebelumnya yang hanya menpertandingkan kategori perorangan, kali ini, gelaran Liga PB Djarum 2020 menambahkan kategori beregu yang bergulir dari Senin (7/12) hingga Rabu (9/12). Sementara kategori perorangan dimulai pada Kamis (10/12) hingga Minggu (13/12).
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)