Kepala Medis Lazio Sebut Protokol Medis di Serie A Sangat Konyol

Kamis, 14 Mei 2020 - 12:06 WIB
loading...
Kepala Medis Lazio Sebut Protokol Medis di Serie A Sangat Konyol
Lazio merasa protokol medis Serie A sangat konyol yang mengharuskan semua anggota tim dikarantina selama 14 hari jika di antara mereka ada positif terjangkit virus corona. Foto : Goal
A A A
ROMA - Kepala medis Lazio Ivo Pulcini menyebut protokol medis untuk menggelar kembali Serie A Liga Italia sangat konyol. Sangat tidak masuk akal hanya karena satu orang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 , satu tim harus dikarantina selama 14 hari.

Protokol medis itu memang jadi salah satu persyaratan yang dikeluarkan pemerintah Italia sebelum kontestan Serie A menggelar latihan. Sementara itu kompetisi kembali akan digelar pada 13 Juni mendatang. (Baca juga : Serie A Italia 2019/2020 Kembali Digulirkan 13 Juni )

"Menempatkan seluruh tim dan staf di karantina jika satu orang dinyatakan positif benar-benar konyol, dalam pandangan saya," kata Pulcini dikutip Footballitalia, Kamis (14/5).

"Komite ilmiah tidak ingin mendengarkan pandangan mereka yang bekerja di bidang kedokteran sepak bola, yang menangani apa yang terjadi di lapangan dan tidak hanya duduk di belakang meja. Jika saya memiliki kasus positif, saya mengisolasinya, kemudian menguji semua yang lain. Jika mereka sehat dan hasil tesnya negatif, mengapa saya harus memperlakukan mereka seolah-olah mereka sakit? Apakah kita gila? Apakah orang-orang ini tahu apa yang sebenarnya dilakukan seorang tenaga medis?" papar Pulcini. (Baca juga : Simeone Akui Sulit Bagi Lazio Kembalikan Momentum )

Poin penting lain dari protokol adalah keputusan untuk membuat klub medis bertanggung jawab jika seorang pemain kontrak Covid-19. "Dalam hal ini, izinkan saya mengambil tanggung jawab untuk memutuskan untuk tidak memasukkan seluruh kelompok ke karantina. Saya tidak punya masalah dengan itu. Mari kita ikuti model Jerman, yang hanya mengkarantina orang positif selama 15 hari," ucap Pulcini.

Sebelumnya, Asosiasi Medis Sepak Bola Italia sudah mengeluarkan pernyataan. Mereka akan memboikot lanjutan kompetisi kalau protokol medis itu tetap dipertahankan. (Baca juga : Tim Medis Bakal Boikot Serie A jika Pasal Tidak Direvisi )
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3803 seconds (0.1#10.140)