Pembalap Spanyol dan Italia Kuasai MotoGP, Kemana Rider AS?

Kamis, 07 Januari 2021 - 20:02 WIB
loading...
Pembalap Spanyol dan Italia Kuasai MotoGP, Kemana Rider AS?
Nicky Hayden juara MotoGP 2006/Foto/wkyufm.org
A A A
ROMA - Pembalap asal Amerika Serikat (AS) sempat mewarnai persaingan juara MotoGP . Sebut saja Nicky Hayden yang pernah menjadi yang terbaik pada 2006. Namun, dalam satu dekade lebih tak ada lagi pembalap AS yang menonjol, mereka tenggelam oleh rider Spanyol dan Italia yang merajai balap kuda besi ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP didominasi pembalap asal Italia dan juga Spanyol. Kondisi ini membuat sejumlah negara yang dulu berhasil merajai MotoGP kini bak kehilangan tajinya, seperti AS. (Baca juga: Manajer Bantah Rumor Kepindahan Dovizioso ke Honda ).

Dahulu, pembalap Negeri Paman Sam bisa mengukir prestasi manis di MotoGP lewat kehadiran pembalap-pembalap hebatnya. Nama-nama seperti Kenny Roberts, Wayne Rainey, Freddie Spencer, hingga Nicky Hayden berhasil merengkuh sukses besar.

Hayden yang menjadi wakil terakhir AS mentas di MotoGP tercatat sebagai juara pada musim 2006. Begitu juga dengan Kenny Roberts yang merebut gelar juara di kelas premier bersama Suzuki pada 2000. (Baca juga: Gantikan Marquez, Stefan Bradl Sebut MotoGP 2020 Musim Terberat ).

Tetapi kini, tak ada regenerasi dari pembalap-pembalap top tersebut. Pada gelaran MotoGP 2020, tak ada satu pun pembalap berbendera Amerika Serikat yng mentas di MotoGP.

Wakil terbanyak berasal dari Spanyol dan Italia. Ada delapan wakil dari Spanyol, termasuk sang rider bintang, yakni Marc Marquez . Sementara dari Italia, termasuk Valentino Rossi , total ada enam pembalap yang tampil di MotoGP 2020. (Baca juga: Tahun Ini, Latihan Bebas Formula 1 Cuma 2 Jam ).

Di luar Spanyol dan Italia, ada dua wakil dari Prancis (Johann Zarco dan Fabio Qurtararo) dan Inggris (Cal Crutchlow dan Bradley Smith). Sementara dari negara lainnya, ada Jack Miller (Australia), Miguel Oliveira (Portugal), Takaaki Nakagami (Jepang), dan Brad Binder (Afrika Selatan).

Pemandangan serupa pun akan terus terlihat ke gelaran MotoGP 2021. Pembalap dari Spanyol dan juga Italia dipastikan masih akan mendominasi, tanpa adanya wakil dari Amerika Serikat.

Melihat kondisi ini, tentu saja perlu ada gebrakan besar yang dilakukan par apembalap Amerika Serikat kini agar kesuksesan yang diukir Nicky Hayden dan lainnya tak berhenti di pentas MotoGP. Sejatinya, di MotoGP 2020, ada nama Garrett Gerloff yang berkebangsaan Amerika Serikat, yang turut mentas dalam sesi latihan bebas.

Gerloff menggantikan Valentino Rossi di sesi latihan bebas 1 dan 2 MotoGP Eropa 2020. Tetapi, ia tak sampai menjalani balapan karena Rossi dinyatakan sembuh dari Covid-19.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)