Preview Juventus vs Napoli; Memburu Gelar Pembuka

Rabu, 20 Januari 2021 - 07:05 WIB
loading...
Preview Juventus vs Napoli; Memburu Gelar Pembuka
Juventus dan Napoli akan bentrok di Supercoppa Italiana di Mapei Stadium - Citta del Tricolore. Itu jadi peluang bagi keduanya meraih gelar pertama musim ini. Foto: reuters
A A A
REGGIO EMILIA - Juventus dan Napoli akan saling bentrok di Supercoppa Italiana edisi ke-33, Kamis (21/1/2021). Perang yang akan berlangsung di Mapei Stadium - Citta del Tricolore, itu menjadi kesempatan bagi keduanya untuk meraih gelar pertama musim ini.



Pertemuan ini terjadi karena Juventus berstatus juara Serie A, dan Napoli penguasa Coppa Italia pada musim 2019/2020. Bagi La Vecchia Signora, itu menyediakan peluang untuk menebus kesalahan pada musim lalu

Juventus merupakan penguasa Serie A hingga sembilan kali beruntun dan pemegang rekor delapan gelar Supercoppa Italiana. Namun, pada edisi terdahulu sebelum pandemi virus Corona benar-benar mewabah, Si Nyonya dikalahkan Lazio 1-3 di King Saud University Stadium, Riyadh, Desember 2019.

Sedangkan Napoli baru dua kali menjuarai ajang ini, yakni pada 1990 serta 2014. Dengan kata lain, ini merupakan kesempatan langka bagi I Partenopei. Dan, bukan tidak mungkin armada Gennaro Gattuso keluar sebagai pemenang.

Sejak Supercoppa Italiana digelar mulai 1988, Napoli baru tiga kali ikut serta. Menariknya, semuanya melawan Juventus, dimana dua diantaranya berujung kemenangan. Pada edisi 1990, Napoli yang saat itu berstatus kampiun Serie A, menang 5-1.

Mereka baru berjumpa lagi pada 2012. Saat itu Napoli kalah 2-4 setelah melalui perpanjangan waktu. Namun, itu ditebusnya dua tahun kemudian. Klub yang kini bemarkas di Estadio Diego Armando Maradona itu jadi juara setelah menang adu penalti 6-5 (2-2).

Bagaimana dengan Juventus? Tim yang kini diasuh Andrea Pirlo itu sudah 15 kali meramaikan Supercoppa Italiana yang berarti lebih banyak pengalaman. Dari jumlah itu, mereka juara delapan kali dan sisanya kalah. Terakhir kali mereka berjaya pada 2018 dengan menundukan AC Milan 1-0.

Seandainya Juventus juara, maka Pirlo akan meraih gelar perdananya setelah resmi melatih Cristiano Ronaldo dkk mulai 8 Agustus 2020. Sementara bagi Gattuso, juga bakal menjadi titel Supercoppa Italiana pertamanya sebagai pelatih.

Sejauh ini Gattuso baru membantu Lorenzo Insigne dkk menenangi Coppa Italia. Lalu, siapa yang akan keluar sebagai pemenang? Secara teknis, kualitas keduanya hampir setara. Tapi, bila melihat torehan terkini, Napoli cukup diunggulkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)