Nick Pope Jadi Salah Satu Senjata Burnley Permalukan Liverpool

Jum'at, 22 Januari 2021 - 20:30 WIB
loading...
Nick Pope Jadi Salah Satu Senjata Burnley Permalukan Liverpool
Nick Pope terbang melakukan penyelamatan saat pertandingan melawan Liverpool./foto/burnleyfootballclub
A A A


LONDON - Gonjang-ganjing keberadaan Jordan Pickford andalan di tim nasional Inggris terus mendapatkan ancaman. Kinerja gemilang Nick Pope bersama Burnley FC sepanjang musim ini membuat perebutan posisi utama di bawah mistar gawang The Three Lions semakin menarik. Mengawal Burnley saat mengalahkan Liverpool 1-0 di Anfield Stadium, Jumat (22/1) membuat Pope kini telah menjaga 22 clean sheet sejak awal musim 2019/2020.

Hanya penjaga gawang Manchester City (Man City) Ederson Moraes yang melakukan lebih banyak dalam periode waktu ini dengan 26 clean sheet. Pada pertandingan kontra Liverpool, Penjaga gawang 28 tahun tersebut juga membuat jumlah penyelamatan terbanyak dalam satu pertandingan Liga Primer musim ini (enam kali). Dialah salah satu senjata kenapa Burnley tak bisa dijebol Fabinho dkk.



Performa gemilang Pope bersama Burnley membuat penjaga Aston Villa Tom Heaton terkesan. Menurut dia, Pope kerap bermain lebih baik dan memiliki motivasi ekstra ketika melawan tim-tim yang lebih kuat. “Ketika ada banyak tindakan untuk dilakukan, ada banyak kasus menunjukkan keahliannya. Salah satu hal yang membuat Pope menjadi pemain luar biasa adalah kemampuannya dalam menghentikan tembakan. Dia menjadi lebih baik dan lebih baik,” ungkap Heaton dilansir dailymail.

Heaton menilai, Pope yang saat ini berada di belakang Jordan Pickford sebagai penjaga gawang tim Inggris berpeluang menjadi nomor satu. Terlebih, dalam 16 penampilan musim ini bersama Everton Pickford cenderung naik turun. Penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut juga kerap melakukan blunder yang merugikan The Toffees. Hal itu dikabarkan membuat pelatih Carlo Ancelotti ingin mencari penjaga gawang mumpuni.

Kuncinya adalah Pope harus menunjukkan konsistensi sepanjang musim.Tantangannya adalah, Burnley tidak memainkan gaya permainan yang sama seperti Inggris dan bisa dibilang klub papan bawah dan berpotensi mendapatkan tekanan besar ketika bertemu dengan klub-klub elite Liga Primer sehingga Heaton berharap Pope tetap menunjukkan kinerja terbaik. Sepanjang musim ini, penjaga gawang bertinggi 198 cm itu telah tampil 18 kali untuk The Clarets.

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate bisa mempertimbangkan Pope dan menepikan Pickford yang mengoleksi 20 caps. Seperti diketahui, Pope melakukan debutnya untuk Inggris dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Kosovo pada November 2019. Tercatat, Pope telah mengoleksi empat caps. "Saya pikir dia menantang (Pickford). Pope benar-benar memiliki peluang itu. Dia harus terus tampil dan memproduksi penampilan seperti yang dia lakukan seperti saat melawan Liverpool,” terang Heaton.

(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)