Memahami Aturan Sponsor di Baju Klub Sepak Bola

Selasa, 26 Januari 2021 - 23:59 WIB
loading...
Memahami Aturan Sponsor di Baju Klub Sepak Bola
Memahami Aturan Sponsor di Baju Klub Sepak Bola
A A A
JAKARTA - Sponsor di baju klub sepak bola sangat penting untuk pemasukan klub. Namun, klub tak boleh sembarang menempatkan sponsor di jersey. Ada beberapa aturan ketat yang mengatur penempatan nama sponsor di baju klub sepak bola .

Tim-tim ini sering kali disponsori oleh berbagai perusahaan berbeda yang mensponsori mereka. Biasanya nama sponsor akan diletakkan di bagian depan kaus klub.



Misalnya, perusahaan alkohol tertentu dapat mensponsori sebuah klub, yang berarti satu-satunya produk alkohol yang tersedia di dalam stadion adalah dari perusahaan tersebut. Selain itu, tim tertentu mungkin disponsori oleh maskapai penerbangan, yang berarti perjalanan ke luar negeri untuk melihat pertandingan sebauh tim hanya akan menggunakan maskapai tersebut.

Salah satu kesepakatan sponsor paling menguntungkan yang dapat dilakukan tim sepakbola adalah mensponsori peralatan atau kit sebuah tim.

Sebuah tim sepakbola profesional akan bermain dengan perlengkapan yang diproduksi oleh perusahaan pakaian olahraga tertentu. Nama perusahaan pakaian olahraga itu akan muncul di kaus di sisi berlawanan dengan lencana klub. Namun, akan ada nama sponsor tim di kaus itu juga.

Ini adalah kontrak yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang mensponsori tim. Pasalnya nama perusahaan mereka akan menjadi identik dengan tim sepakbola profesional yang terkenal, sehingga meningkatkan profil perusahaan mereka. Oleh karena itu, sebuah perusahaan mungkin bersedia memberikan sejumlah besar uang untuk hak istimewa ini.

Federasi sepakbola biasanya sudah menerapkan peraturan khusus terkait dengan pensponsoran. Setiap negara memiliki aturannya masing-masing terkait malasah sponsor.

Contohnya, Federasi Sepakbola Inggris (FA) mengatur bahwa nama sponsor bisa tampil dalam satu area tidak melebihi 20 sentimeter (cm) di bagian depan jersey sebuah klub. Nama sponsor bisa diletakkan di area yang tidak melebihi 10 cm.

Nama sponsor bisa tampil di area tidak melebihi 100 sentimeter persegi di bagian belakang celana. Nama sponsor boleh muncul di kaos kaki di area yang tidak melebihi 10 cm.

Sedangkan di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru juga sudah mengatur terkait penempatan nama sponsor. Tak terlalu berbeda dengan FA, nama sponsor diatur dengan ukuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)