Abdul Malik Ahmad, Pendekar Silat Muslim Belajar Cimande dan Tapak Suci

Sabtu, 06 Februari 2021 - 14:25 WIB
loading...
Abdul Malik Ahmad, Pendekar Silat Muslim Belajar Cimande dan Tapak Suci
Abdul Malik Ahmad, Pendekar Silat Muslim Belajar Cimande dan Tapak Suci/Juna Way
A A A
Abdul Malik Ahmad , pendekar silat muslim yang menggemparkan MMA di Amerika mengenal pencak silat sudah lama. Abdul Malik Ahmad bukan orang Indonesia tapi asli Amerika Serikat. Tapi, Abdul Malik jatuh cinta dengan pencak silat yang merupakan olahraga seni beladiri asli Indonesia.

Dia berlatih Pencak Silat selama lebih dari 25 tahun sejak ia berusia 15 tahun. Dia berlatih bersama seorang guru bernama Rivai untuk mempelajari ilmu Silat aliran Cimande dan Tapak Suci bersama pelatihnya, Ismail.



Keseriusan Abdul Malik mempelajari silat membuatnya meraih sabuk hitam tingkat tujuh dan menjadi orang asing pertama yang mampu bersaing di tingkat dunia. Berbekal ilmu silat yang dikuasainya, dia mendirikan cabang Pencak Silat Virginia di Amerika Serikat pada tahun 1999 dan telah mengajar ratusan siswa.
Baca Juga: 5 Atlet Wanita Muslim dengan Prestasi Mentereng, Ada dari Indonesia

Malik mempelajari Silat di Indonesia, Malaysia dan Singapura dan berkompetisi secara internasional dalam kompetisi seni bela diri dan telah memenangkan tempat pertama di banyak turnamen. Malik sempat menempa dirinya di Padepokan Pencak Silat Taman mini Indonesia Indonesia.



Keistimewaan Malik adalah sparring dan secara teratur berlatih dan sparring dengan pendekar Silat dalam Pencak Silat serta praktisi dalam gaya lain. Pelatih Malik saat ini adalah pelatih kepala tim nasional Federasi Pencak Silat AS. Dia juga seorang Wasit/Juri (wasit / juri) bersertifikat internasional dan pernah menjadi juri di tiga kejuaraan dunia Pencak Silat.
Baca Juga: Inilah 10 Petarung UFC Berpenghasilan Terbanyak Tahun 2020

Dia juga orang Amerika pertama yang bersaing di Kejuaraan Pencak Silat Dunia. Dia memegang sabuk hitam tingkat 7 dalam Pencak Silat (Sabuk merah 2 garis).

Selain pencak silat, dia juga berlatih seni bela diri lainnya, diberi sabuk hitam dalam Taekwondo saat belajar di luar negeri di Mesir dan memegang sabuk ungu dalam Jiu jitsu Brasil dan sabuk hijau di Judo. Abdul Malik juga memegang rekor tak terkalahkan dalam waktu singkatnya di MMA (seni bela diri campuran).

Prestasi Abdul Malik Ahmad:

2020 - Juara 2 Atlanta Winter International Open IBJJF Jiu-Jitsu Championship (Purple Belt, Masters 3)
2020 - Penghargaan Guru, Instruktur, dan Mentor WCMAO.
2020 - Juara 2 Kejuaraan Seni Bela Diri Piala Dunia (Bentuk Sabuk Hitam)
2018 - Wasit dan Juri Kejuaraan Pencak Silat Dunia ke-18 di Singapura
2018 - Juara 1 Kejuaraan ERKC (Bentuk Sabuk Hitam)
2018 - Juara 1 Turnamen Hapmudo Dunia (Bentuk Sabuk Hitam)
2017 - Medali Perak - Turnamen Pencak Silat Terbuka Belgia (Tanding / Sparring)
2017 - Juara 1 Kejuaraan ERKC (Bentuk sabuk hitam)
2017 - Medali Perak Kejuaraan Dunia NAGA (Grappling)
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)