Leon Spinks Jr, Marinir Juara Dunia Penakluk Muhammad Ali

Minggu, 07 Februari 2021 - 08:58 WIB
loading...
Leon Spinks Jr, Marinir Juara Dunia Penakluk Muhammad Ali
Leon Spinks Jr, Marinir Juara Dunia Penakluk Muhammad Ali/The Sun
A A A
Leon Spinks Jr meninggal dunia di usia 67 tahun setelah melawan kanker prostat selama lima tahun. Siapa Leon Spinks Jr ? Bagaimana kariernya di dunia tinju?

Baca Juga: Tiga Teori Konspirasi Terkemuka yang Selimuti Covid-19

Spinks bertugas di Korps Marinir Amerika Serikat, yang ia wakili dengan bangga ketika ia memenangkan medali emas di Olimpiade Montreal pada tahun 1976. Tetapi Leon benar-benar menuliskan namanya dalam sejarah pada tanggal 15 Februari 1978, di Las Vegas, Nevada.

Ya, ketika itu dia mengejutkan dunia dengan mengalahkan Muhammad Ali , untuk menjadi juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan. Leon memasuki pertarungan itu dengan hanya tujuh pertarungan profesional sebelumnya, dengan berat hanya 89kg.



Lahir pada tanggal 11 Juli 1953. Ia lahir dan dibesarkan di proyek Pruitt-Igoe di St. Louis, Missouri. Dia menemukan kecintaannya pada tinju saat masih muda saat bertugas di marinir. Dia menikah dengan teman lamanya Brenda Glur Spinks di Las Vegas, pada 9 Oktober 2011, dalam sebuah upacara kecil, disaksikan oleh Tony Orlando dan teman dekat keluarga Terrah Trimble.

Sebagai petinju amatir, Spinks memenangkan banyak medali di divisi ringan. Dia kemudian memenangkan medali pertamanya, perunggu, dalam Kejuaraan Dunia 1974. Pada tahun 1975, Leon mendapatkan medali Perak di Pan America Games. Karier amatir Spinks mencapai puncaknya pada tahun 1976, ketika ia memenangkan medali emas Olimpiade.

Baca Juga: 10 Eksperimen Militer yang Aneh, dari Bom Gay hingga Bom Super Busuk

Saudara laki-laki Leon, Michael Spinks memenangkan medali emas Kelas Menengah di Olimpiade tersebut. Medali emas Leon membuatnya menjadi tantangan mencetak sejarah melawan Muhammad Ali. Setelah pindah ke Las Vegas pada tahun 2011, Leon menjadi pelengkap tentang kota, selalu disertai dengan senyuman khasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2552 seconds (0.1#10.140)