Koeman Respon Anggapan Umtiti Sebagai Biang Kerok Tumbangnya Barcelona

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:30 WIB
loading...
Koeman Respon Anggapan Umtiti Sebagai Biang Kerok Tumbangnya Barcelona
Samuel Umtiti (kiri) konon jadi biang keladi kekalahan 0-2 dari Sevilla pada leg pertama semifinal Copa del Rey. Tapi, pelatih Ronald Koeman justru membelanya. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Samuel Umtiti disebut-sebut menjadi biang keladi kekalahan 0-2 Barcelona dari Sevilla pada leg pertama semifinal Copa del Rey , Kamis (11/2/2021) dini hari WIB. Tapi, pelatih Ronald Koeman justru membelanya.



Gol pertama Sevilla dicetak Jules Kounde pada menit ke-25. Itu terjadi lantaran berhasil melewati Umtiti dengan mudah. Gol kedua dibukukan Ivan Rakitic lima menit jelang bubaran. Bek asal Prancis itu lagi dan lagi bikin kesalahan.

Awalnya Umtiti ingin menjebak mantan rekan setimnya itu dengan perangkap offside. Namun usahanya gagal. Rakitic malah berdiri bebas dan leluasa menjebol gawang Barcelona yang sekaligus memastikan kemenangan Sevilla.

Umtiti sontak menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Koeman juga jadi sorotan mengapa menduetkannya dengan Oscar Mingueza di jantung pertahanan. Padahal Clement Lenglet sedang fit dan siap bermain.



"Itu adalah keputusan saya memainkan Umtiti dan Mingueza. Sebab ada banyak pertandingan di depan kami. Sementara kami tidak punya banyak pemain di lini belakang. Anda harus memanfaatkan semua pemain yang tersedia," kata Koeman dikutip dari Marca.

"Kami meninggalkan banyak ruang saat proses gol pertama. Tidak hanya di pertahanan, tapi juga di tengah lapangan. Dan di gol kedua kami tidak pandai mengatur jebakan offside," lanjut pelatih asal Belanda itu.

Koeman memilih tetap mengapresiasi Umtiti. Menurutnya, kesalahan yang dilakukan pemain adalah hal biasa. "Umtiti bagus dalam permainan. Dia membuat kesalahan, seperti orang lain. Itu bagian dari sepakbola. Tidak adil menyalahkannya. Kami semua kalah. Kami semua menang," tuturnya.



Apapun itu, Barcelona harus berkerja keras jika ingin lolos ke final Copa del Rey. Lionel Messi dkk setidaknya harus menang 3-0 atas Sevilla pada leg kedua di Camp Nou, 4 Maret mendatang. Artinya, pertahanan akan mendapat tugas berat.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)