Begini Beda Bola Futsal dan Bola Sepak

Sabtu, 20 Februari 2021 - 20:02 WIB
loading...
Begini Beda Bola Futsal dan Bola Sepak
Banyak pastinya di antara Anda yang sering bermain futsal, mengingat tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga permainan berkelompok ini juga bisa digunakan untuk menguji kekompakan antar teman / Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Banyak pastinya di antara Anda yang sering bermain futsal , mengingat tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga permainan berkelompok ini juga bisa digunakan untuk menguji kekompakan antar teman. Olahraga semacam futsal, yang merupakan cabang dari olahraga sepakbola, sering menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu di hari-hari penting tertentu.

Futsal , yang telah menjelma menjadi olahraga sejuta lelaki di tanah air, menarik dan berkembang pesat karena tidak memerlukan perlengkapan yang kompleks. Salah satu faktor pesatnya perkembangan futsal adalah arena pertandingan berjenis indoor yang berbeda dengan arena pertandingan sepakbola. Faktor ini menjadikan futsal lebih fleksibel untuk dimainkan dalam kondisi apapun.

Selain arena pertandingan, bola futsal juga memiliki karakter yang berbeda dengan bola sepak. Bola futsal memiliki ukuran dan berat yang lebih kecil dianggap lebih cocok dengan postur lelaki Indonesia secara umum.



Asisten Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karmadi menjelaskan, karakter permainan futsal lebih cepat daripada sepakbola. Kondisi tersebut juga dipengaruhi faktor lapangan futsal yang berbeda dengan lapangan sepakbola. Itulah sebabnya karakter bola futsal didesain khusus untuk menyesuaikan ritme permainan.

"Bola sepak harus didesain lebih ringan untuk mengurangi hambatan kontur rumput sehingga bisa memantul lebih tinggi, sedangkan bola pada futsal ditambah pemberat agar pantulan yg ditimbulkan dari interaksi dengan media lapangan Futsal (Flooring, Vynil) dapat terjaga, sehingga dapat dengan mudah dikuasai pemain."



Coach Sayan menambahkan, ukuran bola futsal yang lebih kecil bertujuan agar dapat dikuasai dengan mudah oleh pemain dan membuat tempo permainan futsal itu sendiri menjadi lebih cepat.

Futsal mania, berikut adalah persyaratan teknis bola futsal sesuai ketentuan internasional:

1. Bahan, dari segi bahan pelapis luarnya, untuk bola yang dipakai bermain sepak bola selalu dilapisi dengan karet, sebagian di antaranya ditambah dengan bahan sintetis atau buatan pabrik, tentunya dengan kualitas yang baik sehingga memiliki ketahanan yang bagus terhadap tendangan. Sedangkan bola futsal berbahan kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)