Ini 5 Penjaga Gawang Terbaik Sepanjang Masa: Dua dari Italia

loading...
Ini 5 Penjaga Gawang Terbaik Sepanjang Masa: Dua dari Italia
(Searah jarum jam) Lev Yashin, Dino Zoff, Manuel Neuer, Iker Casillas, Gianluigi Buffon/Foto-foto/google
TURIN - Penjaga gawang punya peran penting di tim. Sebagai benteng terakhir, sosok penjaga gawang menjadi menentukan dalam membawa kemenangan atau setidaknya hasil imbang. Ada sejumlah kiper hebat yang tercatat dalam sejarah sepak bola dunia.

Sulit menentukan siapa kiper hebat, tapi jika ukurannya adalah trofi yang pernah diraih, tak sulit untuk menunjuk kiper Jerman dan Bayern Muenchen Manuel Neuer , atau Iker Casillas, Gianluigi Buffon atau lainnya. Ada juga kiper eksentrik asal Kolombia Rene Higuita.

Baca juga: Konspirasi di Balik Penangkapan Bartomeu .

Tapi yang pasti, jika tidak ada kiper berkualitas, sebuah tim tidak akan meraih kemenangan. Sebanyak apa pun gol sebuah tim akan sia-sia apabila lawan mencetak lebih banyak gol ke gawang mereka.

Baca juga: Vinicius Junior Pantas Disejajarkan dengan Raul Gonzalez .



Oleh sebab itu, setiap tim besar memiliki kiper berkualitas yang bisa menjadi pembeda dalam pertandingan. Berikut lima kiper terbaik, melansir dari Sportskeeda, Selasa (2/3/2021).

5. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terbaik yang pernah lahir di Italia. Kemampuan pemain berumur 43 tahun itu membuatnya hampir meraih semua trofi bergengsi di level klub dan internasional. Dia total meraih 28 trofi sepanjang karier sepakbolanya. Ada satu trofi yang belum pernah diangkat Buffon, yaitu Liga Champions. Dia berusaha untuk meraih itu bersama Juventus pada musim 2020/2021 meski sudah tidak muda lagi.

4. Iker Casillas

Jika Italia memiliki Buffon, Spanyol punya kiper berkualitas dalam diri Iker Casillas. Legenda Real Madrid itu diakui sebagai salah satu kiper terbaik di dunia berkat penampilannya bersama Los Blancos –julukan Barcelona– pada 1999-2015.



Baca juga: Solskjaer Diklaim Lebih Sukses dari Mourinho di Manchester United .

Selain hebat bersama Madrid, Casillas pun merupakan andalan Tim Nasional (Timnas) Spanyol pada masanya. Pria berumur 39 tahun itu telah meraih 27 trofi sepanjang karier sepakbolanya. Casillas pensiun dari dunia sepakbola pada 4 Agustus 2020 silam. Klub terakhir yang dibela Casillas, yaitu FC Porto.

3. Manuel Neuer
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top