Porsche Maradona Dilelang Mulai Hari Ini, Diprediksi Tembus Lebih Rp3,4 Miliar

loading...
Porsche Maradona Dilelang Mulai Hari Ini, Diprediksi Tembus Lebih Rp3,4 Miliar
Mobil antik Maradona/Reuters
NEW YORK - Sebuah mobil Porsche milik legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona , dilelang pekan ini. Maradona diketahui mengendari Porsche 911 Carrera 2 Type 964 warna perak edisi 1992 itu saat bergabung dengan klub Spanyol Sevilla .

Maradona bergabung dengan Sevilla pada musim 1992/1993 dan dikenal sebagai "musim yang terlupakan", yang merupakan periode terakhir di Eropa, setelah menjalani larangan 15 bulan karena positif tes doping.

Baca juga: 8 Pebiliar Siap Memperebutkan 4 Tempat di Semifinal Turnamen Hot Nine .
Maradona mengendarai Porsche 911 perakmya itu selain ke dan dari tempat latihan, juga ke tempat pertandingan untuk Sevilla.

"Itu milik 'El Diego', Diego Armando Maradona. Karena asal-usul ini mobil ini, mungkin bisa bernilai dua kali lipat atau tiga kali lipat dari nilai mobil standar," kata Gregory Tuytens, spesialis mobil di rumah lelang Bonhams, kepada Reuters di fasilitas penyimpanan di Belgia.

Baca juga: Lewati Tiga Game, Pramudya/Yeremia Lolos ke Babak 16 Besar Swiss Open 2021 .
Lelang online akan berlangsung dari Rabu (3/3/2021) hingga 10 Maret. Perkiraan harganya mencapai 200.000 euro (Rp3,4 miliar), tetapi Tuytens mengatakan, pihak Bonhams merasa harganya masih bisa menembus angka yang lebih tinggi lagi.



“Ini pasti akan menarik tidak hanya untuk kolektor mobil tapi juga penggemar sepak bola, juga orang-orang yang mencintai Maradona, dewa sepak bola,” ujarnya.

"Maradona menjadi berita utama di luar lapangan pada musim itu, termasuk ketika dihentikan oleh polisi karena melanggar lampu merah dan melaju dengan kecepatan 180 km per jam (112 mph) di pusat kota," imbuh Tuytens.

Mobil itu menghabiskan 20 tahun dengan pemilik lain di pulau Majorca, Spanyol sebelum melewati tangan beberapa kolektor Prancis. Mobil itu datang ke pelelangan menempuh perjalanan sekitar 120.000 km.

Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020 malam WIB karena serangan jantung di usia 60 tahun. Sang legendaris dikebumikan, Kamis (27/11/2020) waktu lokal atau Jumat WIB. Pemakamannya diiringi kesedihan global dari jalanan Buenos Aires, Argentina hingga Napoli di Italia.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top