5 Pelatih Favorit Cristiano Ronaldo, Ada yang Bantu Raih Trofi Bersejarah

Jum'at, 05 Maret 2021 - 17:03 WIB
loading...
5 Pelatih Favorit Cristiano Ronaldo, Ada yang Bantu Raih Trofi Bersejarah
Cristiano Ronaldo sudah menjadi legenda di dunia sepak bola. Penyerang Juventus itu dianggap sebagai salah satu pemain tersukses lantaran bertabur titel. Foto: reuters
A A A
TURIN - Cristiano Ronaldo sudah menjadi legenda di dunia sepak bola. Penyerang Juventus itu dianggap sebagai salah satu pemain tersukses lantaran bertabur dengan titel dan penghargaan individu, baik bersama klub maupun negara.



Sepanjang kariernya, Ronaldo mampu meraih gelar di tiga liga domestik berbeda di Eropa. CR7 bisa mengukir prestasi di Inggris, Spanyol dan kini Italia. Dia juga diklaim sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah.

Ronaldo juga membukukan torehan luar biasa bersama Portugal. Tentunya keberhasilan veteran berusia 36 tahun itu tidak lepas dari peran pelatih. Setidaknya ada lima pelatih favorit karena punya pengaruh besar dalam perjalanan kariernya.



Siapa saja mereka? Berikut ulasannya dari berbagai sumber

1. Zinedine Zidane

Real Madrid mengalami masa-masa indah saat Zidane bisa mengandalkan Ronaldo di lapangan. Berkat keduanya, Los Blancos memenangkan sembilan trofi, termasuk tiga kali juara Liga Champions secara beruntun.

Zidane memang sangat bertumpu dengan kemampuan Ronaldo di eranya. Keduanya kemudian sama-sama meninggalkan Madrid di waktu hampir bersamaan pada 2018. Kini Zizou melatih lagi Madrid. Sayangnya, Ronaldo sudah tidak ada lagi di Spanyol.

2. Carlo Ancelotti

Karier Ancelotti di Madrid memang cukup singkat, hanya dua musim saja. Beruntung, dia punya Ronaldo ketika datang pada 2012. Hasilnya, kombinasi keduanya menghasilkan rekor apik dan sejumlah trofi.

Ancelotti memberikan gelar Liga Champions kesepuluh bagi Madrid alias La Decima. Pelatih asal Italia itu menjadi figur yang sering memberikan dorongan kepada Ronaldo dalam mempertajam insting mencetak golnya.

3. Fernando Santos

Santos merupakan pelatih Ronaldo di Timnas Portugal. Berkat kepercayaan Santos pula, Ronaldo masih dipercaya untuk membela skuat Selecao meski usia yang sudah tidak muda lagi. Hasilnya, Ronaldo kini menjadi pemain dengan cap terbanyak di Timnas Portugal, usia tampil di 170 laga.

Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Portugal dengan koleksi 102 gol. Santos membawa CR7 meraih trofi Piala Eropa 2016 yang begitu istimewa. Itu titel pertama yang didapat kolektor lima Ballon d’Or itu di level negara.

4. Jose Mourinho

Sosok pelatih kontroversial satu ini terkenal menyukai pemain bintang. Di saat bersamaan, juru taktik asal Portugal itu juga tidak ragu menyingkirkan pemain yang bertentangan dengan dirinya. Bahhan, Ronaldo tidak terkecuali.

Hubungan Mourinho dengan Ronaldo sebenarnya tidak akur dan beberapa kali bertengkar. Tetapi, itu tak menghentikan Mourinho untuk tetap mengandalkan kompatriotnya itu semasa di Madrid selama periode 2010-2013.

5. Sir Alex Ferguson

Mata jeli Ferguson menemukan talenta Ronaldo di Sporting Lisbon. CR7 akhirnya didatangkan ke MU pada 2003. Berkat jasa legenda asal Skotlandia itu, Ronaldo bisa punya karier luar biasa. Sebab, jika tidak diboyong ke Old Trafford, dia belum tentu bakal seperti sekarang.

Ketika pertama kali datang ke Inggris, Ronaldo masih belum sehebat sekarang. Namun, kemampuan pemain asal Portugal tersebut terus diasah Fergie sehingga menjadi luar biasa. Bahkan sampai menrima Ballon d’Or pertamanya pada 2008.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)