Aturan Baru Futsal Mempermudah Wasit Memimpin Pertandingan

Jum'at, 05 Maret 2021 - 10:01 WIB
loading...
Aturan Baru Futsal Mempermudah Wasit Memimpin Pertandingan
Pada 8 April 2020, Futsal Law of The Game yang saat ini kita kenal sebagai Futsal LOTG 2020/2021 telah ditetapkan. Pembaharuan aturan ini ditetapkan oleh Dewan Fédération Internationale de Football Association (FIFA) / Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Pada 8 April 2020, Futsal Law of The Game yang saat ini kita kenal sebagai Futsal LOTG 2020/2021 telah ditetapkan. Pembaharuan aturan ini ditetapkan oleh Dewan Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Komite Wasit FIFA juga telah menyetujui diterbitkannya pembaharuan ini.

FIFA juga memutuskan pembaharuan baru ini mulai diberlakukan pada 1 Juni 2020 di seluruh kompetisi atau pertandingan persahabatan di dunia yang berada di bawah naungan FIFA sebagai Induk Organisasi Sepakbola seluruh Dunia.
Walau begitu, FIFA tetap memperbolehkan kompetisi-kompetisi yang sedang berjalan di seluruh dunia untuk tetap menggunakan LOTG sebelumnya yaitu FIFA Futsal LOTG 2014/2015 bilamana Kompetisi tersebut dimulai sebelum FIFA Futsal LOTG 2020/2021 ini diterbitkan.

Di Indonesia, Federasi Futsal Indonesia (FFI) menyambut antusias dengan adanya pembaharuan dari peraturan futsal tersebut. Program Penyegaran atau biasa disebut Refreshment tentang pembahasan Amandemen langsung digagas melalui official letter FFI. Surat resmi tersebut memberitahukan kepada seluruh stakeholder futsal, yakni AFP, wasit, dan pelatih di tanah air mengenai ketentuan – ketentuan umum.



FIFA Futsal LOTG 2020/2021 terdiri dari 1 Notes dan 17 Peraturan yang mengatur permainan Olahraga Futsal itu sendiri, dan juga memperbarui peraturan – peraturan yang sebelumnya pernah dimuat pada FIFA Futsal LOTG 2014/2015.

FIFA Futsal Referee Wahyu Wicaksono mengungkapkan apresiasinya atas amandemen LOTG 2020/2021. Dengan pembaharuan aturan ini, maka wasit akan semakin mudah memimpin jalannya pertandingan.

“Karena LOTG yang baru memang dibuat untuk mempermudah wasit dalam memimpin suatu pertandingan,” jelas Wahyu.



Paling tidak ada tiga catatan dari Wahyu mengenai peraturan baru ini. Pertama tentang gawang, ketika gawang bergeser dan itu dilakukan oleh pemain bertahan maka gol tetap disahkan.

Kedua, pada akhir pertandingan, di pasal 7 tentang waktu pertandingan, akhir waktu pertandingan sudah tidak lagi menunggu. Tetapi jika sudah selesai, maka sudah selesai. Jadi mempermudah dalam wasit menyelesaikan pertandingan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)