Menparekraf: Pariwisata Berbasis Olahraga Harus Lebih Inklusif

Rabu, 24 Maret 2021 - 23:02 WIB
loading...
Menparekraf: Pariwisata Berbasis Olahraga Harus Lebih Inklusif
Menparekraf Sandiaga Uno berharap pariwisata berbasis olahraga lebih inklusif/Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno berharap setahun pandemi Covid-19 yang melanda saat ini, tidak menjadikan masyarakat Indonesia sekadar survive atau bertahan. Sandi juga berharap semua harus bisa memanfaatkan peluang, karena di tengah musibah ada kesempatan menjadi pemenang.

"Dalam kesempatan ini saya mau berpesan agar pandemi ini kita bukan hanya survive. Tapi bisa mengambil peluang untuk menjadi pemenang dengan mengadopsi teknologi," ujar Sandiaga Uno saat menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan SIWO Pusat bertajuk "Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism & Tuan Rumah Olimpiade 2032" di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

.

Menurut Sandi yang berbicara melalui zoom meeting, masyarakat harus bangkit dari pandemi karena ada di sekitar kita inovasi dan dunia digitalisasi. "Saya mengajak agar kita bisa berinovasi dan memanfaatkan teknologi digitalisasi. Masyarakat harus melek teknologi dan bisa bertransformasi menyeluruh," Sandi menjelaskan.

.

Selain itu, Sandi juga berharap media bisa membantu mengangkat pariwisata berbasis olahraga tidak hanya eksklusif. Tapi harus inklusif dalam arti pariwisata berbasis olahraga itu untuk semua orang, bukan hanya buat orang kaya.

"Harus bisa dinikmati semua lapisan masyarakat," kata Sandi. "Desa-desa wisata bisa kita tingkatkan. Bisa dengan olahraga berbasis alam yang tentu bisa dilakukan di desa-desa wisata. Kita bisa mengaktifkan sport tourism sampai ke tingkat desa."

.

Menurut Sandi pariwisata dan ekonomi kreatif secara tegas bisa menjadi solusi untuk bangkit. Pariwisata dan ekonomi kreatif, yang juga melibatkan UMKM bisa menjadi bagian dari solusi. Ekonomi bisa dibangkitkan dan melanjutkan pembangunan ke depan bersama, saling bersinergi antar-stakeholder.

Menanggapi pertanyaan peserta seminar dari Sulawesi Utara, Menteri yang mantan Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) ini mengatakan bahwa di Sulawesi Utara ada program sport tourism Likupang Ride dan Manado Ride. Event ini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)