FIM Hukum Pembalap Indonesia Gresini Usai Adu Fisik di Moto3 Doha 2021

loading...
FIM Hukum Pembalap Indonesia Gresini Usai Adu Fisik di Moto3 Doha 2021
Rider Indonesia Gresini Racing Jeremy Alcoba dihukum FIM/Foto/YouTube
DOHA - Sepeda Motor Internasional (FIM) menjatuhkan sanksi berat kepada rider Indonesia Gresini Racing Jeremy Alcoba dan pembalap Petronas Sprinta Racing John McPhee . Kedua pembalap terlibat adu fisik setelah crash pada seri lomba Moto3 Doha 2021 di Sirkuit Internasional Losail, akhir pekan lalu.

FIM memutuskan memberi hukuman berupa penalti waktu dan juga denda. Jeremy Acoba dan John McPhee akan memulai dari pit lane dan juga penalti waktu 10 detik setelah start lane normal pada balapan berikutnya, yakni Moto3 Portugal 2021.

Baca juga: Kurang Puas Finis Ketiga di MotoGP Doha, Ini Alasan Jorge Martin .

Sementara untuk denda, John McPhee dan Jeremy Acoba dikenakan denda sebesar 1.000 euro atau sekira Rp17 juta. Perihal tersebut, pihak FIM menyampaikannya lewat cuitan di akun Twitter resmi MotoGP.

Baca juga: Joan Mir Tuduh Jack Miller Sengaja Tabrak Dirinya .



“Pembalap nomor 17, John McPhee, telah diberikan penalti start dari pit lane, 10 detik setelah start pit lane normal untuk Moto3 Portugal 2021. Serta denda 1.000 euro karena berkelahi dengan rider lain,” bunyi pernyataan dari pihak FIM di Twitter resmi MotoGP, Senin (5/4/2021).

Baca juga: 5 Fakta Bercerita di MotoGP Doha 2021: Sejarah Duo Prancis di Podium .

“Pembalap nomor 52, Jeremy Alcoba, telah diberikan penalti start dari pit lane, 5 detik setelah start pit lane normal untuk Moto3 Portugal 2021. Serta denda 1.000 euro karena berkelahi dengan rider lain,” lanjut keterangan tersebut.

Perkelahian Jeremy Acoba dan John McPhee memang mendapat sorotan besar dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail, Minggu 4 Maret 2021 malam WIB. Konflik sendiri berawal dari senggolan motor kedua pembalap saat balapan tengah berlangsung.

Di pertengahan balapan, Alcoba terlihat mengalami insiden. Motornya menyenggol ban belakang Darryn Binder akibat telat melakukan pengereman. Kemudian, roda belakang motor Alcoba terangkat dan menyenggol motor serta kepala McPhee.



Usai insiden tersebut, Alcoba dan McPhee terlihat berkelahi di sirkuit. Aksi baku hantam yang dilakukan keduanya ini pun mendapat sorotan lebih dari FIM hingga berujung hukuman.

Insiden ini membuat Alcoba dan McPhee sama-sama belum mendapatkan poin saat ini di kelas Moto3. Sebab, sebelum gagal finis di Moto3 Doha 2021, mereka juga tak menyelesaikan balapan di seri pembuka, yakni Moto3 Qatar 2021.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top