Tingkatkan Kompetensi, Dispora Riau Gelar Kursus Pelatih Futsal Level 1 AFC

loading...
Tingkatkan Kompetensi, Dispora Riau Gelar Kursus Pelatih Futsal Level 1 AFC
Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa banyak tahapan dan tantangan yang harus dilalui untuk menjadi pelatih klub futsal profesional / Foto: MNC Media
JAKARTA - Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa banyak tahapan dan tantangan yang harus dilalui untuk menjadi pelatih klub futsal profesional. Setidak adalah persoalan biaya kursus yang bagi sejumlah orang tidak dapat dianggap murah.

Hal itu diamini oleh peserta Kursus Pelatih Futsal Level 1 AFC yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepulauan Riau, Nurissan Aprian, yang bersyukur kegiatan pelatihan itu dapat dilakukan di Kepulauan Riau. Rasa syukurnya berlipat ganda, karena kursus yang berlangsung hingga tanggal 10 April nanti, sepenuhnya dibiayai oleh Dispora Kepulauan Riau.

"Kesan luar biasa kepada Pemprov Kepri Peserta yang memfasilitasi kursus AFC level 1 ini karena dari segi biaya yang mahal, kami sebagai peserta merasa sangat bersyukur dan terbantu dengan diadakannya kursus level 1 AFC ini," kata Nurissan.

BACA JUGA: Zainudin Amali Berpesan Suporter Jaga Sikap Selama Piala Menpora 2021 Selesai

Hal senada juga muncul dari peserta lainnya. Roy Suranta Purba bersyukur karena kesempatan ini telah menambah kompetensi dirinya sebagai pelatih.



"Kursus Pelatihan Level 1 AFC ini adalah level lanjutan dari Level 1 Nasional yang saya punya. Alhamdulilah saya mendapatkan pengetahuan yang baru."

BACA JUGA: Siapkan Pembalasan, Pelatih Dortmund Ulas Strategi Guardiola

Kunci dari kursus Level 1 AFC ini adalah peningkatan kapasitas peserta dengan memberikan serangkaian materi yang penekanannya adalah tactical team, setelah sebelumnya lebih terfokus pada tactical individu.

Bagi pelatih, program kursus level nasional adalah program untuk lisensi pertama yang diperoleh seorang pelatih futsal, sebelum melanjutkan ke lisensi yang lebih tinggi, yaitu AFC level 1 lalu ke AFC level 2 dan terakhir AFC level 3.

Dan untuk menjadi pelatih futsal di sebuah klub futsal profesional, seorang pelatih futsal harus memiliki lisensi pelatih minimal AFC level 2.



Program kursus pelatih level nasional sejatinya adalah agenda rutin tahunan setiap Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) futsal di bidang kepelatihan.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top