Jorge Martin Bukti Regenerasi Pembalap MotoGP Spanyol Masih Berjalan

Jum'at, 09 April 2021 - 02:01 WIB
loading...
Jorge Martin Bukti Regenerasi Pembalap MotoGP Spanyol Masih Berjalan
Jorge Martin Bukti Regenerasi Pembalap MotoGP Spanyol Masih Berjalan. Foto: IST
A A A
DOHA - Jorge Martin berhasil memberikan kejutan saat tampil di MotoGP Doha 2021 pada Senin 5 April 2021. Ia yang berstatus pembalap debutan bersama Pramac Ducati itu berhasil meraih podium pertamanya di kelas MotoGP tersebut.

Martin hanya membutuhkan dua balapan saja untuk bisa mencicipi podium pertamanya tersebut. Tentunya hal itu sangat luar biasa mengingat ia adalah pembalap rookie.



Akan tetapi, yang jauh lebih membuat banyak orang kagum adalah Martin mampu membuat rider debutan lainnya seperti tak ada apa-apanya. Bahkan sang juara dunia Moto2 2020, Enea Bastianini (Esponsorama Racing) justru kalah gemilang dengan Martin.

Selain Martin dan Bastianini, masih Luca Martini (Sky VR46 Esponsorama) dan Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) yang berstatus rider rookie di MotoGP 2021.

Dari keempat nama itu, hanya Martin yang berasal dari Spanyol. Sementara ketiga pembalap debutan lainnya berasal dari Italia.

Martin pun pada awal MotoGP 2021 benar-benar tak terlalu disorot. Mungkin hanya Bastianini dan Marini yang merupakan adik tiri Valentino Rossi yang berhasil menarik perhatian para pencinta MotoGP.

Kendati begitu kini justru Martin yang berhasil menjadi pusat perhatian di kalangan para pembalap MotoGP. Kehadiran Martin juga menambah daftar pembalap asal Spanyol yang bisa dikatakan menjanjikan.

Kehadiran Martin seolah menjadi bukti bahwa generasi pembalap Spanyol masih berjalan dengan sangat baik. Sebab buktinya Martin justru yang paling bersinar ketimbang ketiga rider rookie asal Italia tersebut.

Tampaknya dominasi rider-rider Spanyol di ajang balapan tersebut masih sulit untuk dihancurkan. Para pembalap Italia jelas harus lebih berusaha keras lagi jika mau meruntuhkan dominasi Spanyol di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Terakhir kali ada pembalap Italia yang menjuarai MotoGP adalah pada musim 2009 silam, yang mana dilakukan oleh Valentino Rossi. Jadi, sudah 11 tahun tak ada lagi rider Italia yang memenangkan kejuaraan dunia MotoGP.

Spanyol justru mendominasi dengan menjuarai 10 dari 11 musim terakhir. 10 gelar itu dimenangkan oleh Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Joan Mir yang baru saja menjadi juara pada MotoGP 2020.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)