Strategi Coach Panca: Pahami Kekuatan Skuad

Minggu, 11 April 2021 - 20:15 WIB
loading...
Strategi Coach Panca: Pahami Kekuatan Skuad
Strategi Coach Panca: Pahami Kekuatan Skuad
A A A
JAKARTA - Strategi Coach Panda dalam menyusun kekuatan skuadnya menjelang pertandingan futsal . Olahraga futsal kian digemari masyarakat. Banyak klub bermunculan. Bertambah juga atlet-atlet futsal berbakat yang membutuhkan tangan dingin pelatih.

Saat ini, Indonesia baru memiliki 53 pelatih futsal berlisensi AFC Level 2, di antaranya Panca Pauji, yang sejak 2020 ditunjuk sebagai Head Coach klub DB Asia. Selain itu, Indonesia juga baru memiliki 527 pelatih dengan lisensi AFC Level 1, dan 1950 pelatih level nasional.

Lantas apa yang membedakan pelatih level 2 AFC seperti Coach Panca dengan pelatih futsal level 1 AFC maupun nasional?

Bila pada kursus pelatih futsal level satu AFC dimulai dari mempelajari dasar-dasar futsal, maka pada level dua AFC, peserta akan mendapatkan ilmu kolektivitas, yang diyakini sangat penting karena akan berkaitan erat dengan penentuan strategi pelatih, seperti formasi menyerang contohnya.



Dalam futsal, faktikal formasi dibagi menjadi 3 proses, yaitu menyerang, transisi, dan bertahan. Pada taktik menyerang, terdapat beberapa formasi yang lazim digunakan team Futsal, yaitu 3 -1, 1 – 2 – 1, 2 – 2, dan 4 – 0, yang ditentukan berdasarkan keadaan skuad saat itu.

"Menentukan formasi mana yang akan saya pilih harus didasari atas SDM pemain yang saya miliki terlebih dahulu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kedalaman skuad, karakter pemain dan tentu disesuaikan dengan strategi yang digunakan lawan saat lawan sedang defend," jelas Coach Panca.

Sebagai contoh, dalam mengimplementasikan formasi 1-2-1, seorang pelatih tentu berharap agar timnya dapat menguasi jalan pertandingan karena menurunkan 2 pemain flank/sayap sekaligus. Pemain flank, pada umumnya identik dengan pemain kunci karena pergerakannya seringkali mengubah jalannya pertandingan.

Atau mungkin saja seorang pelatih menerapkan formasi 2-2 dengan 2 pemain belakang dan 2 flank. Mungkin juga 2 pemain belakang dan 2 pemain dengan posisi pivot/penyerang murni. Penentuan karakter pemain itulah yang membutuhkan kepiawaian pelatih, dan ilmu taktikal seperti itu yang didapat oleh peserta kursus level 2 AFC.

"Tentu pada futsal sangat sulit untuk menetapkan 1 sistem formasi saja saat bertanding, karena futsal sangat dinamis dan fleksibel," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)