Sirkuit Mandalika Siap Gelar WorldSBK 2021, Catat Waktunya

loading...
Sirkuit Mandalika Siap Gelar WorldSBK 2021, Catat Waktunya
Perwakilan FIM dan Dorna Sports inspeksi Sirkuit Mandalika untuk tuan rumah World Super Bike (WSBK) 2021/Foto/worldsbk.com
LOMBOK - MotoGP Indonesia batal digelar di Sirkuit Mandalika tahun ini. Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu dinilai masih belum siap untuk menggelar balapan MotoGP yang diprediksi pada Oktober 2021. Tapi, FIM dan Dorna Sports memastikan Indonesia sebagai tuan rumah World Super Bike (WSBK) 2021.

Ini menjadi kabar baik buat penggemar balapan Indonesia. Sebab ajang balapan World Super Bike (WSBK) 2021 dipastikan tetap digelar di Mandalika tahun ini. Kapan pelaksanaannya?

Baca juga: Tak Lagi Jadi Kandidat Juara MotoGP, Rossi Pilih Puji Performa Muridnya .

Kejuaraan Superbike memang sudah sejak telah memasukkan Sirkuit Mandalika ke dalam kalender balapan mereka. Padahal MotoGP saja masih menjadikan MotoGP Indonesia sebagai seri cadangan sebelum akhirnya diputuskan untuk diundur.

Nantinya Indonesia akan menjadi tuan rumah WSBK 2021 pada 14 November 2021 atau ketika ajang balapan motor tersebut memasuki seri ke-11. Sirkuit Mandalika akan menjadi trek ketiga terakhir dalam balapan Superbike tersebut.



Baca juga: Baru Akan Comeback di MotoGP 2021, Peluang Juara Marc Marquez Jadi Pembahasan .

“Adapun target sementara Sirkuit Mandalika untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia World Superbike (WorldSBK), pada 14 November 2021 akan tetap terlaksana,” terang pernyataan resmi dari MotoGP, Senin (12/4/2021).

Jadi, dapat dipastikan di tahun ini hanya ajang WSBK saja yang menggelar balapan di Sirkuit Mandalika. Sementara untuk MotoGP, pihak Dorna Sports berjanji akan berusaha menjadi Sirkuit Mandalika sebagai tempat tes para pembalap saat memasuki seri Asia untuk mengurang rasa kecewa penggemar MotoGP di Indonesia.

Baca juga: Sambut GP Portugal 2021, Alex Rins Beberkan Kelemahan Suzuki Ecstar .

Apabila MotoGP masih bisa mengadakan seri di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, tim MotoGP akan mengupayakan untuk mengadakan tes di Sirkuit Mandalika pada periode tersebut, sebagai persiapan keikutsertaan track Mandalika pada kalender 2022,” tutup pernyataan MotoGP dalam laman resmi.



Para penggemar MotoGP Tanah Air tampaknya harus bersabar lebih lama lagi untuk melihat Fabio Quartararo dan kawan-kawan balapan di Indonesia. Apalagi terakhir kali MotoGP gelar di Indonesia pun sangat lama sekali, yakni pada musim 1997.

Karena pengerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika itu masih berlangsung, maka pihak penyelenggara MotoGP, yakni Dorna Sports telah sepakat dengan Federasi Balap Motor Indonesia (FIM) sepakat untuk memundurkan debut MotoGP Indonesia yang awalnya direncanakan 2021 menjadi Maret 2022.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top