9 Petinju Muslim Juara Dunia Yang Menggegerkan Jagat Tinju

Selasa, 13 April 2021 - 17:45 WIB
loading...
A A A
Bernard Hopkins

Bernard Hopkins merupakan petinju legendaris yang pernah menjadi juara dunia di tiga kelas Menengah, Menengah super, dan Berat Ringan. Seperti Mike Tyson, Hopkins menjadi mualaf selepas dari penjara. Dia mempelajari Islam selama menjalani hukuman saat masih remaja.

Hopkins menjadi juara dunia Kelas Menengah setelah dalam duel ulang mengalahkan Segundo Mercado untuk memperebutkan sabuk IBF yang lowong. Hopkins yang enggan mengganti namanya setelah masuk Islam, menambah sabuk juara Kelas Menengah super dengan mengalahkan Felix Trinidad untuk menjadi jawara Kelas Menengah IBF, WBC dan Menengah super WBA.

Hopkins kemudian naik kelas saat menjadi juara dunia Kelas Berat Ringan menaklukkan Jean Pascal . Dia merebut sabuk WBC, IBF, dan WBC Diamond yang lowong.

Hasim Rahman

Nama Hasim Rahman menggegerkan jagat tinju ketika merobohkan Lennox Lewis untuk menjadi juara dunia Kelas Berat pada 2001. Petinju yang sudah pensiun itu bernama lengkap Hasim Shariff Rahman kini berusia 48 tahun.

Sebagai muslim, Rahman pun sudah menunaikan ibadah Haji. Dalam menjalankan keyakinannya, Rahman dikenal keras dalam menentang judi yang menurutnya haram.

Rahman yang dipanggil The Rock itu dua kali menjadi juara dunia Kelas Berat dengan mengawinkan gelar WBC, IBF, IBO dan lineal pada 2001. Dia kemudian menjadi juara WBC pada 2005-2006.

Ruslan Chagaev

Ruslan Chagaev yang berasal dari Uzbekistan menyeruak di antara legenda tinju Kelas Berat yang didominasi jagoan Amerika Serikat. Chagaev mencatatkan namanya menjadi juara Kelas Berat WBA saat membekuk Nikolai Valuev pada 14 April 2007. Dia beberapa kali mempertahankan gelarnya sebelum dirontokkan Wladimir Klitschko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)