Jelang Semifinal Liga Champions, Guardiola Ingat Kalimat Sakti Johan Cruyff

Rabu, 28 April 2021 - 22:01 WIB
loading...
Jelang Semifinal Liga Champions, Guardiola Ingat Kalimat Sakti Johan Cruyff
Jelang Semifinal Liga Champions, Guardiola Kenang Kalimat Sakti Johan Cruyff. Foto: IST
A A A
PARIS - Pelatih Manchester City, Josep Guardiola yakin timnya memberikan yang terbaik jelang menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) dalam leg 1 babak semifinal Liga Champions 2020-2021 pada Kamis 29 April 2021 dini hari WIB. Beragam motivasi ia berikan demi menjaga fokus pemainnya agar dapat menang dan tampil di partai final.

Salah satu motivasi yang ia terapkan kepada para pemain berupa kalimat sakti yang diberikan mantan pelatihnya, Johan Cruyff pada 1992 silam. Kalimat ini menurutnya ampuh mengantarkan Guardiola cs meraih gelar juara di zamannya saat menjadi pemain.



Guardiolla sempat merasakan masa kejayaannya sebagai pemain di bawah asuhan Johan Cruyff di Barcelona. Pelatih asal Belanda ini mempercayai Guardiolla sebagai andalannya sepanjang tahun 1990 hingga 1996.

Guardiola pun dikenal sebagai pemain yang cerdas dan mampu menjadi jenderal lapangan tengah Barcelona pada saat itu. Beberapa nasihat dan ajaran fundamental yang selalu ditanamkan Cruyff membentuk Guardiolla bisa berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Petuah-petuah hasil didikan Cruyff pun selalu teringat dan terbawa hingga kini ia menjadi pelatih. Tak jarang, petuah itu ia yakini menjadi semacam “mantra” di setiap timnya menjalani laga berat hingga menjadi juara.

“Saya belajar dari Johan Cruyff, nikmati permainannya. Nikmati tanggung jawab. Nikmati tekanannya. Itu adalah elit,” kata pelatih kelahiran 18 Januari 1971 ini dikutip dari laman resmi klub.

“Kalimat sakti sebelum kami memainkan final di Wembley melawan Sampdoria pada tahun 1992. Dia berkata 'pergi keluar dan nikmati'. Saya tahu saya tidak akan mengatakan ini karena saya bukan Johan Cruyff,” sambungnya.
Jelang Semifinal Liga Champions, Guardiola Ingat Kalimat Sakti Johan Cruyff

Kalimat itu pun yang ia tekankan kepada para pemainnya jelang laga melawan PSG nanti. Ia ingin pemainnya menikmati jalannya pertandingan dengan rileks dan tak terlarut dalam tekanan.

“Itulah mengapa yang terbesar memenangkan kompetisi ini karena mereka bermain seperti pertandingan persahabatan. Itulah yang ingin saya lihat di tim saya,” ucap Guardiola

“Kami merasa terhormat menjadi salah satu dari empat tim terbaik musim ini dan itu harus dinikmati. Inilah yang ingin saya lihat pada pemain saya,” tambahnya.

Leg pertama babak semifinal antara Manchester City vs PSG akan dilangsungkan lebih dulu di Parc des Princes. Kick off akan dimulai pada pukul 02.00 dini hari WIB.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4450 seconds (0.1#10.140)