Cabor Biliar Kembali Dipertandingkan di World Games 2022 di Amerika

loading...
Cabor Biliar Kembali Dipertandingkan di World Games 2022 di Amerika
International World Games Association (IWGA) bersama Organizing Committee World Games Alabama, Amerika Serikat sepakat untuk menunda pelaksanaan World Games dari jadwal semula 15 - 25 Juli 2021, menjadi 7 - 17 Juli 2022 di tempat yang sama / Foto: MNC Med
JAKARTA - International World Games Association (IWGA) bersama Organizing Committee World Games Alabama, Amerika Serikat sepakat untuk menunda pelaksanaan World Games dari jadwal semula 15 - 25 Juli 2021, menjadi 7 - 17 Juli 2022 di tempat yang sama.

Menurut keterangannya dalam situs resmi World Games, IWGA menunda pelaksanaan World Games dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang dinilai belum membaik. CEO Birmingham Organizing Committee Nick Sellers menyebutkan penundaan itu bukan keputusan mudah namun dinilai yang terbaik untuk atlet, sponsor, suporter dan masyarakat.

BACA JUGA: Tips dari Atlet Iqbal Iskandar dan Fisioterapis Fortunella untuk Pulihkan Cedera Partial Tear Ankle

"Terima kasih kepada seluruh tim dan khususnya kepada segenap warga dan state Alabama, serta seluruh pihak terkait yang telah mendukung keputusan ini," katanya.

Terpisah, World Confederation of Billiards Sport (WCBS) mengumumkan bahwa biliar untuk kategori Pool, Snooker dan Karom resmi dipertandingkan dalam World Games di Alabama, Amerika Serikat tahun depan. Pengumuman resmi itu disampaikan pertengahan April lalu, dalam kegiatan SportAccord General Assembly di Bangkok, Thailand.



BACA JUGA: Fathrah Masum, Ngabuburit di Antara Meja-meja Biliar

Penundaan ini menjadi kesempatan bagi atlet biliar Indonesia. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia ( POBSI ) Achmad Fadil Nasution mengatakan, pihaknya akan berkonsolidasi untuk membuka peluang atlet biliar andalan, bermain di World Games.

"Kami akan pelajari karena Indonesia memiliki atlet biliar level dunia. Bila memungkinkan, POBSI akan perjuangkan maksimal," katanya.

World Games merupakan perhelatan multi events 4 tahunan, dan menjadi ajang bagi sejumlah cabang olahraga yang tidak dipertandingkan dalam Olimpiade, namun masih di bawah payung Olimpiade dan diakui oleh International Olympic Commitee (IOC).

Dalam sejarahnya, World Games seringkali menjadi ajang percobaan sebelum sebuah cabang olahraga dipertandingkan secara resmi di Olimpiade. Cabang olahraga Olimpiade, yang pernah dipertandingkan dalam World Games termasuk badminton, taekwondo, voli pantai, triathlon dan masih banyak lagi.



Selain biliar, cabang olah raga lainnya yang dipertandingkan dalam World Games 2022, di antaranya frisbee, akrobat, ski air, dan dance sport.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top