Ketua KOI Berharap Antusiasime Besar Masyarakat ke Olimpiade

loading...
Ketua KOI Berharap Antusiasime Besar Masyarakat ke Olimpiade
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berharap masyarakat Indonesia mengarahkan antusiasmenya ke Olimpiade/Foto/SINDOnews
JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berharap masyarakat Indonesia mengarahkan antusiasmenya ke Olimpiade . Menurutnya, selama ini Olimpiade hanya dipandang sebelah mata dibanding ajang olahraga lainnya.

Okto menyatakan, dalam pola pikir masyarakat capaian prestasi Indonesia hanya diukur dari jumlah medali yang diperoleh. Padahal keikutsertaan atlet hingga sampai ke Oimpiade saja sudah harus diapresiasi.

Baca juga: Hasil Voting Kapten Tim All Star MLBB

Alhasil, Okto melihat di kala Indonesia jarang menuai medali di Olimpiade, masyarakat menjadi sungkan untuk mensuport lebih lanjut. Tak ayal, fenomena ini juga berpengaruh pada target cabang olahraga yang tak berani muluk-muluk.

"kita harus sosialisasikan kampanye ini, biar para cabang olahraga memasang target untuk sampai Olimpiade," ucap Okto dalam acara Media Gathering Kemenpora RI, di Jakarta pada Selasa (4/5/2021).



Baca juga: Jack Miller Masih Tak Percaya Bisa Menangi GP Spanyol 2021

"Kita berusaha memaksimalkan eksposure dari Olimpiade, biar masyarakat Indonesia paripurnanya adalah Olimpiade. Kita masih terbiasanya dengan SEA Games dan Asian Games," lanjut Okto.

Okto bahkan memberikan perbandingan mengenai atlet yang berkompetisi di Olimpiade dengan ajang lain. Tanpa mengucilkan atlet lain, atlet yang masuk olimpiade telah melalui proses seleksi yang panjang dan ketat sehingga bukan lagi level kelas bawah.

"Atlet banyak, tapi yang bisa sampai ikut Olimpiade harus melalui seleksi ketat. Mau ikut ke Olimpiade bukan hal yang mudah. Atlet yg sudah masuk Olimpiade walaupun belum bertanding, mereka udah masuk ke komunitas atlet Olimpiade," ujarnya.

"Sementara kalo SEA Games dan Asian Games cabor mana pun yang lihat potensi atletnya bisa masuk, tinggal taruh nama, kalau Olimpiade kan harus seleksi dulu," tandasnya.



Okto berpendapat kampanye ini juga diperlukan demi mendukung total kontingen atlet Indonesia dalam menghadapi Olimpiade Tokyo 2021 pada Juli mendatang. Apalagi, Indonesia diproyeksikan menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032.

Sampai sejauh ini, Indonesia dipastikan mengirim sejumlah atlet dari beberapa Cabor yang sudah lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021. Cabor yang dimaksud yaitu, atletik, angkat besi, panahan, menembak, dan bulu tangkis.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top