Beratnya Tensi Latihan Bikin Skuad Timnas Indonesia Kelabakan

Jum'at, 07 Mei 2021 - 01:30 WIB
loading...
Beratnya Tensi Latihan Bikin Skuad Timnas Indonesia Kelabakan
Peningkatan intensitas pemusatan latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tampaknya bukan isapan jempol. Foto: twitter
A A A
JAKARTA - Peningkatan intensitas pemusatan latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tampaknya bukan isapan jempol. Memasuki hari kelima TC pada Kamis (6/5/2021), para penggawa skuad Garuda seperti "tersiksa" mengikuti porsi latihan yang disediakan.



Berdasarkan pantauan MPI di lapangan, Evan Dimas dkk memulai latihan dengan peregangan seperti biasa. Mereka nampak menikmati fase-fase awal ini. Sekitar 15 menit berselang, latihan dilanjutkan dengan program inti. Terlihat beberapa perbedaan dengan empat hari sebelumnya.

Perbedaan pertama, jika sebelumnya para pemain berlatih secara bersama dengan program yang sama, kini sudah mulai di tempatkan sesuai posisi masing-masing. Paling terlihat jelas yakni tiga kiper sudah menjalani latihan berbeda sesuai porsinya.

Tak hanya itu, kemarin latihan mempertahankan bola dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Kini asisten pelatih Nova Arianto sudah membaginya layaknya dua tim yang beradu. Intensitas tinggi pun terasa di tahap ini.

Para pemain saling merebut dan berteriak. Juga saling beradu badan satu sama lain seperti melakukan pertandingan sungguhan. Meski begitu, fisik para pemain masih terlihat bugar hingga tahap ini.

Sampai akhirnya pelatih meniup peluit menandakan latihan yang menguras tenaga dan "menyiksa" ada di tahap berikutnya. Ya, inilah tahap yang membuat beberapa pemain meringis kelelahan di penghujung set. Bagaimana tidak, mereka melakukan gerakan-gerakan latihan otot secara non-stop.

Awalnya para penggawa menggunakan matras masing-masing membentuk deretan di pinggir lapangan. Terdengar musik bernuansa Korea dengan tempo cepat dari speaker yang juga dibawa jajaran pelatih.

Dipimpin oleh pelatih fisik, para penggawa Timnas menjalani gerakan senam otot dengan intensitas yang tinggi. Sejumlah gerakan seperti pushup lutut, plank, sit up, bird dog movement, hingga leg raise mereka jajal.

Masalahnya, bukan sekali dua kali mereka mengulangi gerakan-gerakan itu. Dengan tempo cepat antar gerakan, mereka melakukannya terhitung hingga lima set. Terdengar teriakan - teriakan rintihan dari beberapa pemain yang kelelahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)