Mampu Maksimalkan YZR-M1, Quartararo Berpeluang Kembalikan Kedigdayaan Yamaha

Sabtu, 08 Mei 2021 - 07:45 WIB
loading...
Mampu Maksimalkan YZR-M1, Quartararo Berpeluang Kembalikan Kedigdayaan Yamaha
Fabio Quartararo diyakini bisa mengembalikan kedigdayaan Yamaha di MotoGP/Foto/Twitter
A A A
JEREZ - Fabio Quartararo diyakini bisa mengembalikan kedigdayaan Yamaha di MotoGP. Pembalap asal Prancis itu mampu memaksimalkan kekuatan motor YZR-M1 yang sudah banyak berkembang saat ini.

Kepala Mekanis Petronas Yamaha SRT Ramon Forcada memprediksi Yamaha bisa berbicara banyak di MotoGP 2021 melalui Fabio Quartararo.



Forcada menyebut motor YZR-M1 sudah banyak berkembang. Motor Yamaha unggul ketika berada di tikungan, terutama di tikungan yang cepat. Pembalap Yamaha yang mampu memaksimalkan kekuatan YZR-M1 itu pun sejauh ini hanya Quartararo.

Quartararo mampu memacu kuda besinya sangat cepat ketika melewati tikungan. Rider Monster Energy Yamaha itu pun tahu bahwa ketika di tikungan, pembalap tak terlalu bergantung pada kondisi ban.



Forcada pun menyebut motor Yamaha bisa melaju sangat cepat jika saja balapan di kondisi trek yang sepi alias tak banyak pembalap, terutama di depan sang rider. Sebab dengan Yamaha yang kalah dalam hal tenaga, maka potensi terbaik adalah memacu motor di jalur terbaik mereka.

Andai saja ada pembalap lain yang menganggu garis balapan mereka, maka motor Yamaha kesulitan untuk mendapatkan kecepatan terbaik. Sederhananya, Forcada menyebut Yamaha akan semakin cepat jika memulai balapan sejak barisan terdepan.

Forcada mengambil contoh kasus Quartararo, di mana rider asal Prancis itu dapat tampil sangat cepat karena sejak awal balapan ia berada di barisan depan. Sehingga Quartararo dengan mudah mengikuti jalur balapannya tanpa terganggu rider di depannya.

“Saat ini Yamaha tercepat di tikungan, terutama di tikungan cepat, seperti yang dilakukan Fabio (Quartararo). Kecepatan tikungan tidak tergantung pada ban. Menikung tidak sepenuhnya bergantung pada ban,” kata Forca, mengutip dari GPOne, Sabtu (8/5/2021).

“Motor tanpa tenaga yang besar dan tak banyak memiliki akselerasi, selalu bisa tampil baik di trek yang bersih (tanpa banyak pembalap di sekitar). Jika mereka tak mengikuti garis balapan mereka, maka akan sulit untuk bisa memperbaikinya saat di tikungan akhir,” tambahnya.

Jadi, hasil kualifikasi Quartararo menjadi alasan mengapa Yamaha sudah memetik dua kemenangan melalui mantan pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut. Sejauh ini, mungkin hanya Quartararo yang tampil baik di sesi kualifikasi.

Sedangkan rekan setim Quartararo, yaitu Maverick Vinales kesulitan untuk menjadi yang terdepan ketika balapan. Hasil kualifikasi yang kurang baik juga ditorehkan Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Dengan hal tersebut, maka Yamaha hanya bisa berharap lebih kepada El Diablo –julukan Quartararo.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)