POBSI Jawa Tengah Gelar Turnamen Snooker Six Red

Sabtu, 08 Mei 2021 - 12:05 WIB
loading...
POBSI Jawa Tengah Gelar Turnamen Snooker Six Red
POBSI Jawa Tengah menggelar Turnamen Snooker Six Red/Foto/dok SINDOnews
A A A
PEKALONGAN - Umumnya di Indonesia, turnamen biliar yang sering diselenggarakan adalah 9 ball dan 8 ball. Tapi, Pengurus Provinsi POBSI Jawa Tengah menggelar permainan berbeda, Turnamen Snooker Six Red yang dilaksanakan 19-22 Mei 2021.

Turnamen Snooker Six Red yang digelar Pengprov POBSI Jawa Tengah ini terbuka untuk umum dan tidak dibatasi, baik dari segi usia maupun skill. Turnamen menggunakan sistem handicap, dimana pemain yang lebih diunggulkan akan memberi poin terlebih dahulu kepada lawan sebelum permainan dimulai.



Snooker six red adalah salah satu jenis permainan biliar yang dimainkan hanya menggunakan 6 buah bola berwarna merah. Nomor ini salah satu yang dipertandingkan di PON Papua Oktober mendatang.

Turnamen akan diselenggarakan di Merdeka Pool & Lounge, Merdeka Building Jalan Kurinci 168 Pekalongan, Jawa Tengah, selama 4 hari dari 19 hingga 22 Mei 2021, dengan hadiah total Rp10 juta.



Ketua Umum Pengprov POBSI Jawa Tengah Willyanto mengatakan, turnamen Snooker Six Red ini diselenggarakan sebagai ajang mencari bibit-bibit atlet snooker, selain sebagai ajang uji coba atlet-atlet Jawa Tengah sebelum berlaga di PON Papua 2021.

“Turnamen Snooker Six Red ini memang menjadi salah satu program dari Pengprov POBSI Jawa Tengah sebagai langkah melakukan pembinaan atlet khususnya untuk nomor snooker dan carom yang tidak pernah dipertandingkan di seluruh Indonesia, kecuali di PON dan Kejurnas,” Kata Willyanto.

"Hal ini terjadi karena sangat sedikit lokasi biliar yang menyediakan meja carom dan snooker sehingga mereka tidak mungkin menyelenggarakan pertandingan nomor carom atau snooker," imbuhnya.

Menurut Willyanto, Pengprov POBSI Jateng sudah mengimbau rumah biliar di Jateng yang memiliki meja carom atau meja snooker untuk menyelenggarakan turnamen nomor ini. Belum lama ini Kingdom Biliar Semarang menggelar turnamen carom.

Jawa Tengah memiliki lebih dari 30 Pengcab POBSI di 30 Kabupaten/ Kotamadya. Tapi, hanya dua yang memiliki fasilitas meja lengkap (Pool, Smooker dan Carom) yaitu di Kota Pekalongan dan Solo.

Sedangkan Kota Semarang dan Kabupaten Purworejo hanya memiliki meja Pool dan Carom dan yang lainnya hanya menyediakan meja Pool. Ini merupakan gambaran umum kondisi di seluruh Indonesia. Hanya sedikit rumah biliar yang menyediakan fasilitas meja lengkap (Pool, Snooker dan Carom).
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)