Timnas Indonesia Panggil Arthur Irawan, PSSI Tegaskan Semua Pemain Punya Kans Sama

loading...
Timnas Indonesia Panggil Arthur Irawan, PSSI Tegaskan Semua Pemain Punya Kans Sama
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong memanggil Arthur Irawan untuk mengikuti pemusatan latihan. Namun, langkah ini dipertanyakan publik. Foto: twitter
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia , Shin Tae-yong baru saja memanggil Arthur Irawan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC). Dia diundang untuk ikut melakukan persiapan menyambut lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, pada Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Dipanggil Timnas, Arthur Irawan Tak Sabar Jalani Debut di Tangan Shin Tae-yong

Bek PSS Sleman itu menjadi pemain baru keenam yang menyusul pemasutan latihan Timnas Indonesia. Hanya saja, keputusan pemanggilan Arthur membuat PSSI menerima banyak pertanyaan dari masyarakat.

Publik dapat dibilang dikejutkan dengan kedatangan pemain berusia 28 tahun itu dalam skuad Timnas Indonesia. Pasalnya, Arthur merupakan pemain baru di luar lima nama yang dipublikasikan PSSI beberapa waktu yang lalu.



Sebelumnya pelatih Shin Tae-yong sudah memanggil lima pemain baru yakni M Adi Satryo (PS Sleman), Ilija Spasojevic (Bali United), Rizky Ridho (Persebaya), Ady Setiawan (Persebaya), dan Didik Wahyu W (Tira Persikabo).

Atas hal ini, PSSI menanggapi respons masyarakat yang beragam. Dikutip dari laman resmi PSSI dinyatakan bahwa pemanggilan Arthur merupakan kebutuhan tim pelatih Timnas Indonesia dan sesuai pertimbangan teknis.

Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI meminta agar publik tidak menilai skuad Timnas Indonesia dari kualitas individu pemain. Artinya, tidak bijak jika hanya memberi penilaian negatif atas pemanggilan Arthur.

"Sekali lagi kami meminta publik jangan mendeskripsikan kualitas satu atau dua pemain. Hal ini karena semua pemain punya kesempatan yang sama untuk dilihat kemampuannya. Lagi pula ini masih proses seleksi. Keputusan ada pada Shin Tae-yong," jelas Indra Sjafri.

Indra Sjafri menjelaskan saat ini Timnas Indonesia membutuhkan pemain untuk dapat mengikuti program latihan game internal pada 7 dan 11 Mei 2021. Mengenai apakah yang bersangkutan akan masuk skuad untuk di Dubai nanti, hal itu masih belum dapat dipastikan.

"Kami membutuhkan pemain di posisi full back (bek sayap). Kami diberikan sejumlah nama pemain, akhirnya dipilihlah Arthur Irawan. Apalagi yang bersangkutan dalam kondisi fit dan bugar," lanjutnya, dikutip dari laman resmi PSSI.



" Arthur Irawan akan dilihat langsung dan dia merupakan pilihan dari tim pelatih. Kami butuh pemain saat internal game kemarin dan tanggal 11 Mei nanti. Maka dari itu tim pelatih meminta PSSI memanggil Arthur Irawan karena untuk melengkapi pemain yang sudah ada," ucap Indra Sjafri.

Timnas Indonesia rencananya akan berangkat ke Dubai pada 17 Mei 2021 mendatang. Mereka akan melakoni tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA)

"Kita 17 berangkat ke Dubai, 10 hari Tc disana dari 37 pemain nanti akan diciutkan lebih kurang menjadi 28 pemain, sampai nanti coach shin akan melakukan promosi, degradasi, promosi, degradasi sampai nanti terbentuk skuad yang paling baik," pungkas Indra Sjafri.

Disisi lain Arthur Irawan menyatakan siap bekerja keras untuk memenuhi ekspektasi. Menurutnya merupakan suatu kebanggaan bisa membela lagi Timnas Indonesia. Karena itu, dia meminta dukungan dari masyarakat.

Baca Juga: Usai TC, Shin Tae-yong Ciutkan Timnas Jadi 28 Pemain

“Suatu kebanggaan bisa kembali membela timnas Indonesia saya bakal kerja keras demi bisa mengharumkan nama Indonesia dan PS Sleman. Mohon dukunganya dan supportnya selalu,” tulisnya di twitter.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top