Sempat Keluar Lintasan, Morbidelli Tak Ingin Salahkan Pol Espargaro

loading...
Sempat Keluar Lintasan, Morbidelli Tak Ingin Salahkan Pol Espargaro
Franco Morbidelli menuai hasil buruk di MotoGP Prancis 2021/Foto/Twitter
LE MANS - Franco Morbidelli menuai hasil buruk di MotoGP Prancis 2021 . Pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut gagal membawa pulang poin setelah finis ke-16 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021).

Balapan seri kelima MotoGP 2021 itu barangkali menjadi seri yang ingin segera dilupakan Morbidelli. Dia menjadi satu-satunya pembalap yang tak membawa pulang poin sama sekali dari 16 rider yang tak mengalami insiden parah hingga akhir balapan.

Baca juga: Joan Mir Bakal Gantung Sepatu

Morbidelli finis di urutan ke-16 dengan hanya menyelesaikan 23 lap dari 27 lap di Sirkuit Le Mans, Prancis tersebut. Kegagalan Morbidelli finis di posisi 15 besar itu pun dirasa karena dia sempat mengalami kecelakaan di lap pertama balapan MotoGP Prancis 2021 tersebut.



Insiden yang membuatnya terjatuh dan mengenai kakinya yang sedang cedera itu membuat rider asal Italia tersebut jadi tertinggal jauh dari para pembalap lainnya.

Baca juga: Dua Kali Jatuh di GP Prancis, Marc Marquez Mencak-Mencak

Menurut pengakuan Morbidelli, dia bisa masuk ke gravel karena terlibat insiden dengan pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro . Sebab motornya sempat mengenai kuda besi dari pembalap asal Spanyol tersebut.

Gara-gara bersentuhan dengan motor Pol, Morbidelli jadi kehilangan kendali akan motor YZR-M1 miliknya dan memasuki gravel hingga akhirnya terjatuh. Namun, Morbidelli enggan menyalahkan kejadian itu kepada Pol sepenuhnya.

Sebab Morbidelli pun juga merasa melakukan kesalahan hingga akhirnya motor mereka saling bersentuhan. Jadi, insiden di awal MotoGP Prancis 2021 itu dirasa Morbidelli hanya sebuah insiden yang sering terjadi di dunia balap.

“Saya menyentuh (motor) Pol dan saya keluar dari lintasan. Menurut saya, kedua belah pihak yang harus bertanggung jawab. Sebab, ketika saya melihat Pol melakukan kesalahan, saya mengira dia akan pergi (tak berada di jalurnya),” ungkap Morbidelli, melansir dari GPOne, Senin (17/5/2021).

“Saya pada saat itu berada di posisi yang mampu melewatinya, saya jauh lebih cepat dari dia, dan saya mengira karena kesalahannya, dia akan sedikit melebar. Namun, dia justru tiba-tiba sangat agresif, dia melepaskan rem dan mencoba melewati Valentino Rossi,” tambah Morbidelli.



“Saya pun menabrak bagian belakangnya dan saya lalu keluar lintasan. Itulah insiden yang saya lihat. Pada momen itu, saya sedikit ketakutan karena ada perbedaan kecepatan antara motor saya dan dia dan itu jelas sangat berbahaya. Itu adalah momen berbahaya, tapi begitulah balapan,” sambungnya.

“Apa yang dilakukan Pol jelas sangat tiba-tiba. Namun, itu tak bisa diartikan sebuah kesalahan dan tak dapat diartikan sebagai manuver yang berbahaya. Itu lebih pantas disebut (manuver) sangat agresif dan hal itulah yang membuat saya lengah,” tutupnya.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top